Panglima TNI : Pesawat Kita Sudah Tua

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengakui jika sebagian besar pesawat milik TNI sudah “lanjut usia”
Bahkan pesawat milik TNI ada yang berusia di atas 30 tahun. Tidak heran, jika dalam kurun waktu 10 tahun tercatat 18 pesawat militer mengalami kecelakaan.

“Memang sama-sama kita tahu pesawat kita sudah tua,” ujar Gatot dalam konferensi pers di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Minggu (4/10/2015).

Namun, mantan KSAD itu memastikan telah mengingatkan prajuritnya untuk menginspeksi pesawat TNI. Jika memang burung besi tersebut layak terbang, maka ia mengizinkan untuk digunakan.

“Saya ingatkan pesawat tersebut harus diinspeksi, apabila teknisi mengatakan layak terbang maka dia terbang. Karena pesawatnya selalu digantikan onderdil terbaru,” ujarnya.

Gatot menambahkan, sesuai permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi), TNI harus membeli pesawat baru. Sebab itu, pihaknya telah merinci daftar belanja burung besi korps militer.

“Sesuai dengan apa yang dikatakan Presiden kita harus membeli pesawat yang baru. Dan tentunya idealnya kalau pesawat angkut C17 itu yang terbaik. Kita usahakan dapat itu,” tutupnya.