Rusia Kirim “Pasukan Hantu” ke Suriah

Militer Rusia terus melakukan gempuran terhadap kelompok pemberontak ISIS di Suriah. Media Rusia merilis sedikitnya dua puluh kali serangan udara telah dilakukan Rusia ke sejumlah obyek vital milik ISIS. Tidak hanya serangan lewat udara, Rusia kabarnya juga akan melakukan serangan darat dengan mengirimkan pasukan khususnya, Spetnaz ke Suriah.

Spethnaz merupakan pasukan khusus Rusia yang paling ditakuti dan kerap dijuluki “pasukan hantu” yang khusus diterjunkan di medan perang untuk menghabisi siapa saja yang dianggap sebagai musuh.

Jika benar, pengiriman pasukan Spetnaz itu akan menjadi pukulan bagi Inggris dan Amerika Serikat (AS) yang tidak suka dengan aksi militer Rusia di Suriah untuk memerangi kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Karena, pasukan Spetnaz juga berpotensi memerangi pasukan pemberontak yang ingin menggulingkan Presiden Assad.

Laporan itu diungkap media Inggris, Daily Mirror, yang mengutip sumber militer Rusia, tadi malam. “Marinir Putin ada yang menjaga pangkalan udara mereka untuk menghadapi sabotase oleh pemberontak. Tapi Spetsnaz dan pasukan serangan udara tidak ada instruksi untuk menjaga keamanan terhadpa objek statis, mereka sangat agresif dan sangat terlatih,” tulis media Inggris itu mengutip sumber militer.

”Mereka ada untuk beraksi setelah serangan udara, pergi untuk misi sangat rahasia terhadap pemberontak dan akhirnya memusnahkan mereka,” lanjut sumber itu.

”Dan mereka tidak akan seperti pasukan khusus Inggris atau AS. Mereka berada di sana untuk satu alasan, untuk melenyapkan orang yang mengancam Assad. Dengan cara apapun. Dan dengan melakukan itu, mereka akan mengkonsolidasikan posisi Rusia di Timur Tengah.”

Kremlin belum merespons laporan pengiriman “pasukan hantu” Spetnaz itu. Jika laporan itu dikonfirmasi resmi oleh Pemerintah Rusia, maka pasukan pemberontak Suriah yang selama ini didukung AS dan sekutunya akan terancam.

Tags:

Leave a Reply