Belanja Mewah Alutsista Mesir

Mesir belum memesan helikopter serang Ka-52 versi angkatan laut untuk ditempatkan di kapal Mistral, kata Sergei Chemezov, Direktur Umum Rostec Rusia.

“Jika Mesir memutuskan untuk mengakuisisi Mistral, maka kita tentu saja akan menawarkan heli Ka-52K kami karena helipkopter ini telah disesuaikan dengan kapal Mistral,” kata Chemezov kepada wartawan pada 30 September.
Pernyataannya muncul setelah Perancis mengkonfirmasi pada 23 September bahwa Mesir akan membeli dua kapal Mistral, yang sebenarnya dibangun untuk Angkatan Laut Rusia namun harus dibatalkan karena sanksi Uni Eropa kepada Moskow selama konflik di Ukraina.

Penjualan hingga 50 helikopter Ka-52 ke Mesir terungkap pada bulan Agustus ketika Research and Production Corporation Precision Systems and Instruments (SPC CPR) merilis sebuah laporan tentang pasokan 50 OES-52 ElectroOptic Sights untuk melengkapi helikopter Ka-52 Mesir.

Setelah Perancis mengumumkan penjualan Mistral, sumber Diplomatik bidang militer Rusia mengatakan kepada kantor berita Tass bahwa Mesir telah memesan 50 helikopter serang Ka-52.
“Jika Mesir membutuhkan, kami siap memberikan Ka-52K versi kapal induk,” kata sumber itu, hal ini menunjukkan Mesir tidak memesan helikopter khusus untuk Mistral.
Perbedaan paling jelas antara Ka-52K dan versi asli adalah baling-baling dan sayap senjata yang bisa dilipat sehingga menghemat tempat di ruang dek dan hanggar.

Sementara itu, Russia’s Radio-Electronic Technologies Concern (Kret) menawarkan kepada Mesir, 5P28 Pobeditelj Electronic Protection System yang sudah disesuaikan dengan kapal Mistral, sementara United Instrument Manufacturing Corp (OPK) mengusulkan untuk mengadaptasi Sistem Komando dan Control untuk kapal Mistral.

IHS Jane’s

Leave a Comment