Belanja Mewah Alutsista Mesir (2)

Kapal Molniya Mesir memiliki tiga barisan radar, satu radar fire-control Garpun-Bal-E untuk rudal anti-kapal , baris kedua radar MR-123 Vympel untuk control tembak AK-176 dan AK-630, baris ketiga radar pencari sasaran MR 352 positiv-E.

Masih ingat dengan kapal Molniya class yang beberapa waktu lalu diterima Mesir dari Rusia? Termasuk salah satu pembelian alutsista yang mewah karena ada beberapa hal istimewa dengan kapal Molniya yang diterima Mesir.

Molniya class memiliki beberapa versi, Rusia selalu melakukan perubahan dan upgrade kecil namun dengan tampilan yang sama sehingga sulit membedakan beberapa tipe korvet rudal ini yang dibangun. Secara garis besar ada dua versi Molniya class, yakni versi yang digunakan Rusia sendiri, Molniya class dan versi ekspor, Tarantula class.

Inilah keistimewaan pertama kapal rudal yang diterima Mesir. Mesir mendapatkan korvet Molniya standar Rusia, atau sama dengan kapal rudal yang dimiliki Rusia dan bukan versi ekspor Tarantula class. Kapal Molniya Rusia lebih kuat dalam hal persenjataan, mesin dan radarnya daripada Tarantula versi ekspor.

Keistimewaan kedua adalah Rudal P-270 Moskit (SS-N22 Sunburn) yang digunakan korvet Molniya Mesir, rudal ini hanya dimiliki 3 negara lain selain Rusia, yakni china, Iran dan Mesir sendiri. Rudal P-270 Moskit lebih kuat daripada P-15 Termit dan KH-35 Uran. Dengan tambahan 4 mesin ramjet, Moskit mampu melaju dengan kecepatan 3 match dengan jangkauan 120-300 km.

Leave a Comment