Korea Ulurkan Tangan, Akankah Indonesia Menyambutnya ?

Dubes Korea Selatan untuk Indonesia H.E. Mr. Taiyong Cho saat bertemu dengan Menhan RI Ryamizard Ryacudu, Selasa (6/10), di kantor Kemhan Jakarta.

Jakarta, Kerjasama Indonesia dan Korea yang telah terjalin hingga saat ini dan diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan terus berkelanjutan khususnya dalam proyek pembangunan kapal selam dan pesawat tempur.

Pemerintah Korea benar-benar ingin menjadi partner Indonesia dalam pembangunan industri pertahanan.

Di sisi lain pemerintah Korea juga ingin menjadi partner yang sesungguhnya bagi Indonesia dalam semua bidang. Harapan tersebut disampaikan Dubes Korea Selatan untuk Indonesia H.E. Mr. Taiyong Cho saat bertemu dengan Menhan RI Ryamizard Ryacudu, Selasa (6/10), di kantor Kemhan Jakarta.

Pemerintah Korea akan terus mendorong kemandirian Indonesia dalam membangun industri pertahanan khususnya dalam produksi kapal selam. Untuk itu kesiapan Indonesia dalam pembangunan dan penyelesaian infrastruktur kapal selam sangat diharapkan.

Untuk memperluas kerjasama antara Indonesia dan Korea, pemerintah kedua negara akan segera membuat perjanjian kerjasama teknologi pertahanan dimana para scientist ataupun teknisi kedua negara akan melakukan penelitian bersama dalam membangun teknologi pertahanan.

Diharapkan penelitian bersama kedua negara dapat berlangsung pada tahun depan.

Menanggapi hal tersebut, Menhan menyambut baik keinginan pemerintah Korea untuk menjadi partner Indonesia dalam segala bidang.

Untuk industri pertahanan, beberapa alutsista produksi Korea turut didemontrasikan dalam HUT TNI ke-70 kemarin. Sedangkan untuk kapal selam yang saat ini dalam proses produksi di Korea, Menhan berharap infrastruktur di Surabaya dapat segera diselesaikan pengerjaannya pada tahun depan.

Kemhan.go.id