Senjata Nuklir Korut Bikin “Jiper” Amerika Serikat

Salah satu koleksi senjata nuklir Korea Utara
Senjata Nuklir Korut Bikin "Jiper" Amerika Serikat 1

Pemerintah Amerika Serikat (AS) percaya bahwa Korea Utara (Korut) memiliki kemampuan untuk meluncurkan senjata nuklirnya hingga mencapai wilayah AS. Pihak militer Washington siaga 24 jam.

Hal itu disampaikan Komandan Komando Pertahanan Udara Amerika Utara, Laksamana Bill Gortney. Menurutnya, informasi kemampuan Korut menembakkan senjata nuklirnya itu diperoleh dari intelijen AS.

”Kami menilai bahwa mereka memiliki kemampuan untuk mencapai Tanah Air (AS) dengan senjata nuklir dari roket,” KATA Gortney dalam sebuah acara yang digelar kelompok think thank Dewan Atlantik, Kamis (8/10/2015).

Gortney mengatakan sangat sulit untuk memprediksi perilaku pemimpin Korut, Kim Jong-un. Tetapi, militer AS siap untuk merespons jika Kim Jong-un benar-benar menggunakan senjata nuklirnya.

”Kami siap untuk dia, dan kami siap 24 jam sehari jika ia harus bertindak cukup bodoh untuk menembak sesuatu pada kami,” lanjut Gortney.

Badan Antariksa Korut mengatakan pada bulan lalu bahwa Pyongyang membangun satelit baru dan siap digunakan untuk peluncuran roket jarak jauh. Sedangkan Badan Pertahanan Rudal AS meyakini bahwa rezim Pyongyang mampu meluncurkan rudal balistik antarbenua pada tahun ini.

Leave a Comment