Hebat Mana, Helikopter Basarnas atau TNI ?

AgustaWestland punya Basarnas
Hebat Mana, Helikopter Basarnas atau TNI ? 1
Helikopter AgustaWestland
Hebat Mana, Helikopter Basarnas atau TNI ? 2

AgustaWestland telah menandatangani kontrak dengan Badan SAR Nasional (Basarnas) Indonesia, untuk pengadaan helikopter menengah bermesin ganda AW139 untuk keperluan operasi SAR, di Langkawi, 18 mARET 2015. Pembelian ini mencakup pelatihan aircrew dan teknisi serta paket dukungan awal. Helikopter akan disampaikan akhir 2015 dan akan dilengkapi: rescue hoist, radar, cabin console serta peralatan SAR lainnya.

Penjualan ini merupakan tonggak penting bagi AgustaWestland di pasar helikopter publik Indonesia dan memungkinkan untuk meningkatkan kerjasama dengan industri lokal untuk mendukung tumbuhnya pasar helikopter Indonesia.

Dauphin AS365 N3+ Basarnas
Hebat Mana, Helikopter Basarnas atau TNI ? 3

Basarnas akan mendapatkan keuntungan dari berbagai layanan dukungan untuk AW139 mereka yang disediakan oleh Indopelita Pesawat Service. Perjanjian telah ditandatangani oleh AgustaWestland dan Indopelita November lalu untuk membangun dukungan dan pemeliharaan di Indonesia. AgustaWestland baru-baru ini mencapai keberhasilan penjualan yang signifikan di Indonesia dengan AW119 mesin tunggal, GrandNew light twin engine dan helikopter menegah mesin ganda AW139 untuk keperluan berbagai misi.

Basarnas juga memiliki helikpter modern yakni Dauphin AS365 N3+. Helikopter AS365 N3+ Dauphin pesanan PT DI untuk menambah kekuatan armada helikopter BASARNAS. Bila saat ini BASARNAS mengoperasikan dua unit Dauphin, maka dalam waktu satu tahun kedepan, BASARNAS akan diperkuat empat unit helikopter Dauphin.

Dauphin yang dipesan Basarnas ke PT DI juga dilengkapi kapabilitas misi SAR sehingga PT DI memasang tambahan: perangkat hoist, flotation systems, direction finder, electronic optical system, dan beragam perangkat evakuasi korban.

Leave a Comment