Korvet Buyan-M, Kemampuan Kapal Rudal Kecil Setara Dengan Destroyer

Korvet Buyan-M pertama, Astrakhan mulai dibangun pada bulan Februari 2005 di Almaz Shipyard di St. Petersburg dan sudah tugaskan ke Angkatan Laut Rusia pada Januari 2006. Korvet kedua, Volgodonsk diluncurkan pada Mei 2011.

Korvet dipamerkan ke publik selama pameran International Maritime Defence Show (IMDS-2011) di St Petersburg. Volgodonsk sudah disampaikan pada bulan Desember 2011 dan ditugaskan ke Angkatan Laut Rusia pada bulan Juni 2012.
Korvet ketiga, Makhachkala, mulai diluncurkan pada April 2012. Penyerahan kapal itu tertunda karena keterlambatan pemasangan meriam utama 100 mm. Makhachkala menyelesaikan percobaan laut pada Oktober 2012. Dan ditugaskan ke armada Caspian Flotilla pada Februari 2013. Korvet keempat, Zelyony Dol dibangun pada bulan Agustus 2012. Dua korvet Grad Sviyazhsk dan Uglich, berhasil uji coba dan sudah bergabung dengan armada Kaspia pada bulan Juli 2014, sementara Korvet Veliky Ustyug mulai bertugas pada desember 2014.

Departemen Pertahanan Rusia memesan total sembilan korvet 21.631 Project (Buyan-M) untuk angkatan laut, dengan setidaknya enam kapal yang akan ditugaskan ke armada Caspian Flotilla. Sebuah varian ekspor yang dikenal sebagai Project 21.632 Tornado juga sedang direncanakan.

Desain Buyan-M

Buyan Class adalah korvet pesisir dan muara sungai yang dirancang oleh Zelenodolsk Design Bureau. Desain menggabungkan fitur stealth untuk mengurangi radar cross section. Arsitektur korvet yang fleksibel dan terbuka memungkinkannya untuk dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan masa depan.

Korvet memiliki panjang 62 m, lebar 9.6 m dan draft 2 meter. Berat Buyan-M sekitar 500 ton. Setiap korvet dapat menampung awak 29-36. Buyan-M sanggup beroperasi pada gelombang laut setara sea state enam dan dapat mengoperasikan persenjatannya dengan gelombang laut setara sea state empat.

Persenjataan Buyan-M

Korvet dipersenjatai dengan delapan peluncur rudal jelajah 3M54 Kaliber (SS-N-27). Meriam utama A-190 100 mm. Korvet juga dipersenjatai dengan sistem peluncuran roket multi (MRLS) A-215 Grad-M. Sistem ini dapat menembakkan 40 roket 122 mm terhadap sasaran di darat. Pertahanan udara titik disediakan oleh dua CIWS AK-306 30 mm. Kemampuan pertahanan udara lainnya adalah empat tabung peluncur rudal Gibka 3M47 yang mampu menembakkan rudal anti pesawat Igla atau Igla-S. Buyan-M juga dipersenjatai senapan mesin 14.5 mm dan 7.62 mm.

Radar Buyan-M

Buyan mengintegrasikan radar pencari udara / permukaan Pozitiv-M, radar navigasi MR-231 dan radar sistem kontrol tembak 5P-10 Laska shipborne.
Peperangan elektronik Buyan-M terdiri dari dua PK-10 Shipborne Decoy Launching Systems Mounted yang dipasang dikedua sisi buritan belakang. PK-10 adalah sistem pengeluaran decoy jarak dekat yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan pertahanan kapal. Sistem ini dapat meluncurkan sampai sepuluh decoy elektronik dan optronic untuk menipu rudal anti-kapal yang masuk.

Mesin Dan Propulsi

Buyan didukung oleh sistem propulsi ganda gabungan diesel dan diesel (CODAD). Sistem propulsi terdiri dari dua mesin diesel radial 56 silinder Zvezda M520 dan dua propulsi pompa jet. Penggunaan cor aluminium mampu mengurangi berat mesin. Mesin Buyan terdiri dari tujuh blok dengan delapan silinder
Dilengkapi peredam kebisingan dan getaran dan daya manuver yang tinggi. Setiap mesin memberikan output daya maksimum 3,970kW di 2,000 rpm.
Sistem propulsi memberikan kecepatan maksimum 28 knot dan jangkauan 1.500 mil laut. Buyan-M memiliki daya tahan misi sepuluh hari.

Leave a Comment