Peta Peperangan di Suriah

Kenneth Roth dari Human Rights Watch merilis peta kelompok kelompok perang di Suriah. Dia mengkritisis serangan yang dilakukan Rusia tidak utama dilakukan untuk melawan ISIS, melainkan untuk melawan kelompok yang memerangi gerilyawan anti pemerintah (Free Syrian Army /FSA).

Yang jelas pasukan Presiden Assad semakin terdesak oleh serangan FSA maupun ISIS beberapa bulan terakhir. Kehadiran pasukan Rusia, telah memberi ruang bagi tentara Suriah untuk memukul mundur FSA dan ISIS.

Selain mendatangkan alutsistanya, Rusia juga mulai menempatkan pasukannya di Suriah.

Kalau melihat peta di atas, jatuhnya pemerintahan Assad, seakan tinggal menunggu waktu, karena wilayahnya sudah terkepung, dijepit dari kiri dan kanan.

ISIS dan FSA seakan berbagi tugas dalam menyerang pasukan Presiden Assad. Free Syrian Army / FSA menyerang dari sektor kiri dan kanan, sementara pasukan ISIS dari depan.

Kini kedua pasukan itu mulai gigit jari, setelah arsenal perang Rusia menghajar basis-basis mereka. Rusia tidak mau membiarkan Pemerintah Suriah yang Sah jatuh digantikan kelompok FSA atau ISIS yang bermain mata dengan AS dan NATO.

Pasukan Rusia di Suriah
Peta Peperangan di Suriah 1

Leave a Comment