China Peringatkan AS Soal Pengiriman Kapal Perang

Desain Pangkalan China di LCS
China Peringatkan AS Soal Pengiriman Kapal Perang 1

China memperingatkan Amerika Serikat, untuk tidak berlayar mendekat ke kepulauan di Laut China Selatan yang mereka klaim kedaulatannya, Jumat, 9 Oktober 2015.

Berbagai media melaporkan bahwa Angkatan Laut Amerika Serikat sedang mempertimbangkan untuk melayarkan kapal ke sebuah pulau buatan di Laut China Selatan.

Kapal itu direncanakan untuk masuk ke wilayah 12 mil laut yang yang diklaim oleh Beijing sebagai wilayah perairan mereka.

Menanggapi persiapan ini, juru bicara kementrian luar negeri di Beijing menyatakan tak akan membiarkan negara manapun menerobos wilayah perairannya.

Dilaporkan kantor berita Reuters, juru bicara kementrian mengatakan, “Kami mengingatkan setiap pihak terkait untuk tidak melakukan langkah provokatif dan secara tulus mengambil sikap bertanggungjawab terhadap perdamaian dan stabilitas regional”.

AS dan sekutunya, termasuk Jepang, telah menyerukan agar Beijing menghentikan pembangunan pulau buatan di Laut China Selatan, yang menjadi isu utama dalam meningkatknya ketegangan antara pemerintah Beijing dan Washington.

Sekalipun Presiden Xi Jinping menyatakan tak ada niat untuk mempersenjatai pulau tersebut, analis dari Washington dan pejabat AS menyatakan China telah membangun fasilitas militer di sana.

Tribunnews.com

Leave a Comment