Rudal Rusia Nyasar ke Iran ?

Kapal perang Rusia melepaskan rudal jelajah dari laut Kaspia untuk menggempur ISIS

Rudal Rusia Nyasar ke Iran ? 1

Iran menolak untuk mengkonfirmasi klaim yang dilontarkan oleh pejabat Amerika Serikat (AS) soal rudal Rusia yang nyasar masuk ke wilayah Iran. Sejatinya, rudal itu ditembakkan dari kapal perang Rusia di laut Kaspia dengan target basis ISIS di wilayah Suriah.

Namun, AS menyebut empat rudal jelajah milik Rusia yang diluncurkan dari Laut Kaspia itu jatuh di wilayah Iran. Menurut pejabat AS, ini menunjukan bahwa ada kesalahan dalam peluncuran rudal jelajah tersebut.

Meski AS ngotot menyebut ada rudal yang salah sasaran, namun pemerintah Iran memilih bungkam. Hal ini bisa dimengerti, mengingat Rusia adalah negara sekutu Iran. “Kami tidak mengkonfirmasi informasi ini,” ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Afkham Marzieh, seperti dikutip dari Al-Arabiya, Jumat (9/10).

Kementerian Pertahanan Rusia sendiri telah dengan tegas membantah klaim AS tersebut. “Setiap profesional tahu, selama operasi ini kita selalu memperbaiki target sebelum dan setelah dampak (penembakan). Semua rudal jelajah kami mencapai target mereka,” kata juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Igor Konashenkov.

Rusia memastikan, bahwa semua rudal yang mereka tembakkan dari laut Persia, melewati wilayah Iran dan jatuh mengenai basis ISIS di wilayah Suriah. Tembakan rudal dari kapal perang Rusia ini dimaksudkan untuk mendukung pergerakan pasukan darat pemerintah Suriah yang setia pada Presiden Bashar al-Assad.

Leave a Reply