Masa Depan ASEAN pada 2020 -Bersama Malaysia

Pada 2014 ASEAN dipimpin oleh Myanmar yang menyanggupi sebagai pengganti Laos. Terpilihnya Myanmar sebagai ketua ASEAN mendapat tentangan dari salah satu organisasi HAM yang ada di New York. Organisasi tersebut menilai bahwa Myanmar baru saja menggelar pemilu palsu yang masih menahan tersangka politik sekitar 2000 orang. (Online, 2011) ASEAN mengalami pergantian ketua setiap tahun dan setiap negara diberikan kesempatan untuk menjadi ketua.

Pada ASEAN Vision 2020 dijelaskan komitmen ASEAN untuk menjadi komunitas yang selalu memperbaiki kualitas. 2020 pula merupakan target Malaysia dalam meningkatkan kondisi ekonominya.

Apakah Malaysia akan memabawa keuntungan bagi ASEAN dengan menjadi ketua ASEAN 2020? Dilihat pula dari beberapa media yang menyatakan bahwa Malaysia melakukan tindakan persiapan yang sudah dimulai dari sekarang untuk menuju tahun 2020.

Association of Southeast Asia Nations merupakan sebuah organisasi yang berdiri pada 8 Agustus 1967, ASEAN awalya digagas oleh lima negara yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Singapura. Organisasi ini bertujuan untuk menciptakan perdamaian regional, menciptakan integrasi ekonomi dalam bentuk kerjasama, menjaga stabilitas keamanan negara anggota, dan mengembangkan kerjasama dibidang. Program ASEAN yang sedang terlanksana adalah Asean Economy Community yang dimulai pada 2015, untuk program selanjutnya adalah Asean Vision 2020 sebagai pengaharapan penuh atas visi misi Asean yang belum terlaksana.

Malaysia sebagai negara yang memiliki kekuatan pertahanan dan perekonomian yang semakin meningkat. Malaysia didukung penuh oleh Amerika untuk mengikuti forum open marketing dalam Select USA. Program ini merupakan Foreign Direct Investment yang untuk berinvestasi dan tergabung dalam jaringan ekonomi yang besar.

Obama mengajak Malaysia tergabung dalam SelectUSA sebagai wujud kepedulian Amerika terhadap peningkatan ekonomi Malaysia. Kedua negara ini bekerjasama untuk mewujudkan perekonomian Malaysia yang akan terwujud pada 2020. Jika hal itu terwujud maka akan menaikkan perkembangan ekonomi Asean, akan lebih banyak foreign direct investment di negara-negara ASEAN maka akan terwujud integrasi ekonomi yang kuat antar negara.

Malaysia telah berkomitmen untuk mengikuti Poliferation Security Initiative (PSI) sebagai peredam negara-negara untuk mengembangkan senjata pemusnah masal (nuklir) sesuai dengan hasil kesepakatan ASEAN Vision 2020 dimana menginginkan ASEAN untuk bebas dari nukrlir dan senjata pemusnah lainnya.

Komitmen Malaysia dalam PSI memberikan contoh terhadap negara-negara ASEAN untuk tidak menggunakan nuklir dan senjata pemusnah lainnya. Selain itu keketuan Malaysia dalam ASEAN akan menjadi Balance of Power, kerjasama antar negara akan meningkat dan solidaritas antar negara ASEAN juga meningkat sesuai dengan harapan ASEAN Vision 2020.

Selain itu Malaysia juga telah mendeklarasikan adanya persiapan untuk memperbaiki kondisi internal negaranya melalui kerjasama-kerjasama yang dibuat dengan Amerika. kerjasama yang dibuat untuk menyongsong kemajuan Malaysia dan mempersiapkan kekuatan Malaysia dalam keketuaan di ASEAN 2020 Suatu negara yang menyatakan dirinya siap untuk menjadi ketua sebuah organisasi akan lebih mempersiapkan kondisi perekonomian dalam negerinya.

Selain mempersiapkan perekonomian, Malaysia juga telah menjalin kerjasama dengan Amerika berupa kerjasama dalam bidang pengembangan teknologi, ekonomi hijau dan lingkungan. Dalam ASEAN Charter penguatan hubungan dengan negara eksternal juga dibutuhkan untuk mewujudkan ASEAN yang sesuai dengan ASEAN Way dengan upaya membangun inisiatif-inisiatif kebijakan, koordinasi, konsesnsus dan kerjasama.

Kesiapan Malaysia juga terlihat dalam kerjasama dalam bidang pendidikan dan ilmu pengetahuan dengan Amerika, melalui lembaga representasi yang ada di Malaysia. Pernyataan Amerika dalam keinginan untuk mendampingi Malaysia dalam mewujudkan Malaysia yang lebih baik pada 2020. Amerika menjalankan kerjasama pendidikan dalam program pertukaran pelajar ASEAN dalam program YSEALI. Pertukaran pelajar ini sebagai wujud peningkatan kemampuan pelajar, serta kemajuan ilmu pengetahuan. Diharapkan dapat menaikkan tingkat pendidikan dan peningkatan sumberdaya manusia.

Jika Malaysia menjadi ketua ASEAN pada 2020 akan tercipta kekuatan yang seimbang dengan Asia Pasifik. Malaysia mempersiapkan dengan penguatan militer dalam negeri dengan mengikuti pelatihan militer yang diselenggarakan oleh Amerika. Malaysia juga terlihat kekuatan miilternya ketika bersengketa dengan Indonesia di wilayah ambang batas laut. Armada laut dan darat yang dipunyai Malaysia lebih unggul dibandingkan dengan Indonesia.

Keketuaan Malaysia di ASEAN pada 2020 menjadi angina segar bagi ASEAN. Keuntungan yang didapat ASEAN ketika Malaysia menjadi ketua ASEAN terlihat dari persiapan Malaysia dalam menyongsong 2020. Malaysia dinilai lebih siap dalam berbagai aspek yang dibutuhkan negara-negara ASEAN.

Dengan menjadi ketua ASEAN pada 2020 perwujudan terhadap ASEAN Vision 2020 dapat lebih memungkinkan. ASEAN Way dapat lebih terlaksana dengan baik. Malaysia juga dinilai telah memenuhi syarat sebagai ketua ASEAN pada 2020 sesuai dengan ASEAN Charter pasal 32. Penulis berharap banyak dengan kekektuaan Malaysia untuk mewujudkan ASEAN lebih baik lagi sebagai organisasi regional. Diharapkan pula akan menjadi organisasi regional yang nantinya dapat menjadi sepeti European Union.

Thomas Hobbes.

Leave a Comment