Di Italia, Melonjaknya Pengungsi Suriah

AFP PHOTO / ARIS MESSINIS
AFP PHOTO / ARIS MESSINIS

Konflik internal Suriah yang dimulai pada 26 Januari 2011 dimana dipicu oleh coretan tembok berisi kata-kata revolusi oleh sekelompok anak kecil, menyebabkan negara tersebut mengalami disintegrasi nasional serta berdampak secara langsung terhadap sistem internasional. Di samping konflik tersebut berdampak pada munculnya negara-negara besar yang mengintervensi ke Suriah, masalah kemiskinan, dan masalah kesehatan berdampak juga pada masalah perpindahan penduduk secara besar-besaran ke beberapa negara Eropa, khususnya Italia.

Lebih dari 2,5 juta orang mengungsi ke beberapa negara Eropa sejak Maret 2011. Pemerintah Italia mengatakan bahwa negaranya sudah didatangi pengungsi yang berasal dari Suriah dengan jumlah yang banyak dan selalu meningkat tiap bulannya. Pada bulan Agustus 2013, penduduk Suriah dengan jumlah 1.300 datang ke Italia dengan menggunakan jalur laut. Kemudian bulan Desembernya dengan jumlah 3.300 penduduk Suriah berdatangan di sekitar pantai selatan Italia untuk mengungsi di negara tersebut. Peningkatan arus pengungsi Suriah semakin meningkat sehingga pada awal 2014 Italia didatangi kembali oleh pengungsi Suriah dengan jumlah 4.200 orang.

Pada 2014, UNHCR menyatakan bahwa 87.000 pengungsi Suriah tiba di laut Italia dengan harapan mendapatkan keamanan dan perlindungan. Kemudian pada tahun yang sama terdapat 10.000 anak tanpa orang tuanya yang terdapat di italia dan menerima perlindungan. Bersamaan dengan peningkatan arus pengungsi Suriah mengharuskan pemerintah Italia membuat penampungan baru di beberapa kota Italia karena pada awalnya hanya ada penampungan di Lampedusa. Berbagai penampungan baru tersebut yang terdapat di beberapa kota Italia seperti Lazio (5.568 pengungsi), Sicilia (324 pengungsi), Catania(160 pengungsi), Calabria (1.730 pengungsi), Veneto (565 pengungsi), Lombardia (424 pengungsi), Punglia (513 pengungsi), Marche(1.124 pengungsi), Friuli Venezie Giulia (649 pengungsi).

Dengan melonjaknya jumlah pengungsi Suriah dalam tiap bulannya tentu menharuskan pemerintah Italia melakukan pengeluaran besar untuk menangani permasalahan pengungsi Suriah tersebut. Bentuk tanggung jawab Italia untuk menangangung pengungsi tersebut merupakan penerapan dari Deklarasi Universal HAM 1948 dan keikutsertaannya dalam Konvensi 1951 mengenai pengungsian sangatlah jelas bahwa italia harus menampung pengungsi yang berasal dari Suriah dengan jumlah tertentu.

Thomas Hobbes (Nama Pena..)

Sharing

Tinggalkan komentar