Kemampuan Kapal Rudal Kecil Setara Dengan Destroyer (2)

Korvet Rusia dengan panjang 62 m, setara dengan Destroyer Arleigh Burke yang panjangnya 154 m

Pada 7 Oktober, empat kapal perang Angkatan Laut Rusia dari armada Laut Kaspia menembakkan 26 rudal jelajah jarak jauh SS-N-30A pada pasukan Islam State di Suriah barat, yang berjarak seribu mil jauhnya.

” Serangan itu mengejutkan banyak pengamat militer asing, tidak lain karena kapal yang terlibat sangat kecil. Salah satu kejutan terbesar dari Rusia, bagi pengamat adalah ukuran kapal yang kecil dengan berat rata-rata 1000 ton,” kata Eric Wertheim, penulis armada tempur Dunia.”(kapal Rusia yang menembakkan rudal) Itu benar-benar kecil.” lanjutnya.

Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, Fregat ringan Dagestan, korvet Grad Sviyazhsk, Veliky Ustyug dan Uglich. ketiga kapal adalah kapal rudal Buyan class, panjang 203 kaki (65 m) dan berat 950 ton, fregat Dagestan panjang 335 kaki (102 m), berat 1.900 ton. Semua kapal perang tersebut mulai beroperasi hanya beberapa tahun terakhir.

Sebagai perbandingan, kapal perang terkecil US Navy yang memiliki senjata setara, rudal jelajah Tomahawk, adalah kapal perusak Arleigh Burke yang panjangnya 500 kaki (154 m) dengan berat 9.000 ton sedangkan Fregat Littoral Combat Ship Amerika, yang beratnya 3.000 ton, hanya membawa rudal kecil jarak pendek.

Menurut Wertheim, Angkatan Laut Rusia memlikil filosofi desain kapal perang yang lebih menekankan pada persenjataan. Tapi perlu dicatat bahwa empat kapal yang meluncurkan rudal jelajah semua hanya beroperasi dilingkungan Laut Kaspia. Kapal tidak berlayar menyebar ke seluruh dunia, sehingga tidak perlu bahan bakar dan perbekalan untuk perjalanan panjang.

warisboring

Leave a Comment