Kim Jong Un : Kami Siap Perang Dengan AS

Presiden Korea Utara Kim Jong Un
Presiden Korea Utara Kim Jong Un

Presiden Korea Utara, Kim Jong-un mengatakan dengan tegas, negaranya siap melawan Amerika Serikat (AS). Hal itu dikatakannya saat berpidato di hadapan ribuan tentara Korut saat merayakan hari jadi Partai Pekerja Korut.

“Persenjataan yang dimiliki oleh partai revolusioner kita siap untuk melawan segala jenis perang yang dilancarkan oleh kaum imperialis AS,” kata Jong-un seperti dikutip dari laman Reuters, Minggu (11/10/2015).

Pernyataan bernada provokatif ini bukanlah yang pertama kali dilakukan oleh Kim Jong-un. Dalam beberapa kesempatan, ia juga mengutuk latihan perang bersama antara AS dan Korea Selatan yang digelar setiap tahun. Menurutnya, apa yang dilakukan oleh negara tetangganya dengan sekutu terdekatnya itu adalah bentuk persiapan untuk perang.

Ia juga beberapa kali mengaku akan menghancurkan negara tetangganya itu dalam lautan api. Kedua negera ini bahkan sempat berada dalam status siap perang beberapa waktu lalu, sebelum akhirnya berakhir di meja perundingan.

Tidak itu saja, aksi provokatif juga dilakukan oleh pria berusia 32 tahun itu. Terakhir, pada bulan September lalu, Pyongyang mengumumkan, telah membuka kembali fasilitas nuklir di kompleks Yongbyon dan memperbaharui semua fasilitas yang ada termasuk pabrik pengayaan uranium telah dimodifikasi. Saat ini, situs nuklir itu mempunyai kemampuan dapat menggunakan bom atom setiap saat.

Terkait hal tersebut, pejabat tinggi militer AS mengatakan, Washington percaya jika Korut memiliki kemampuan meluncurkan senjata nuklir hingga mencapai darat AS dan AS pun siap membela diri dari serangan tersebut.

Tinggalkan komentar