Iran Sukses Luncurkan Rudal Balistik Jarak Jauh

Iran berhasil menguji-tembak rudal ballistik jarak jauh yang baru, ujar menteri pertahanan Republik Islam, Brigadir Jenderal Hossein Dehghan. Rudal baru itu dijuluki Emad, yang merupakan generasi terbaru dari rudal balistik jarak jauh, darat-ke-darat Iran (long-range ground-to-ground ballistic missiles), ujar Dehghan kepada TV Iran IRINN TV, 11 Oktober 2015.

Ini adalah rudal jarak jauh pertama Iran dengan kemampuan menghantam sasaran dengan tingkat akurasi yang tinggi, kata menteri. “Rudal The Emad bisa dikontrol hingga menghajar sasaran,” tambah Dehghan.

Dia lebih lanjut mengatakan Iran dengan tegas akan melanjutkan program pengembangan rudal.

Di bawah pembatasan internasional, Iran telah menggunakan bakat dalam negeri untuk meningkatkan kekuatan militernya, sering meluncurkan produk baru. Sebagai hasil dari embargo, kemampuan militer Iran secara drastis terbatas dibandingkan dengan pasukan AS dan NATO.

Iran sekarang fokus membuat munisi pintar, pesawat serang ringan, ranjau, dan rudal balistik, yang menjadi bagian dari kebijakan perang konflik asimetris melawan kekuatan militer global.

Sejak tahun 1992, Iran telah memproduksi tank sendiri, lapis baja pengangkut personel, rudal, radar, kapal, kapal selam dan pesawat tempur. Iran juga meluncurkan Unmanned Aerial Vehicle (UAV) jarak jauh pertama pada tahun 2010.

Leave a Comment