Inggris Ancam Tembak Jatuh Pesawat Tempur Rusia

Pesawat jet tempur typhoon milik pemerintah Inggris
Pesawat jet tempur typhoon milik pemerintah Inggris

Militer Inggris mengancam akan menembak jatuh setiap pesawat Rusia yang melintas di langit Irak. Ancaman keras ini dikeluarkan pihak Inggris setelah Irak berencana meminta bantuan kepada Rusia.
 
“Pilot-pilot Inggris dan juga NATO telah diberikan izin untuk menembak jatuh pesawat Rusia yang melintas di langit Irak,” bunyi pernyataan seorang sumber militer Inggris, seperti dilansir Sputnik pada Senin (12/10/2015).
 
Rusia memang tengah gencar melakukan serangan terhadap basis ISIS, namun sejauh ini Rusia baru melakukan serangan di Irak. Negeri Beruang Merah itu mengatakan belum akan melakukan serangan Irak, jika pemerintah Irak belum meminta bantuan kepada Rusia.
 
Irak, yang seperti tergerak mendengar pernyataan Rusia, dilaporkan akan segera mengirimkan permintaan kepada Rusia untuk melakukan serangan. Pemerintah Irak mengatakan akan mengirimkan permintaan jika terbukti serangan Rusia di Suriah efektif.
 
Sementara itu, Barat, termasuk didalamnya Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis menentang keras kebijakan Rusia di Timur Tengah. Ini disebabkan karena Rusia turut menyerang basis pemberontak Suriah yang mendapat dukungan dari Barat.
 
Kabar ini sendiri muncul di tengah menegangnya hubungan Rusia dan NATO di Timur Tengah. Hubungan kedua negara mulai menegang, setelah Rusia melakukan pelanggaran terhadap wilayah udara Turki, yang merupakan salah satu negara inti NATO.

Tinggalkan komentar