Helikopter Inggris yang Jatuh Ternyata Gara-gara Tabrak Balon

Kecelakaan helikopter Puma yang menewaskan lima orang tentara NATO di dekat ibu kota Kabul, Afghanistan terungkap. Helikopter itu jatuh kemungkinan disebabkan oleh sebuah balon pengawas.

Beberapa saat setelah kecelakaan yang terjadi Minggu, 11 Oktober 2015 itu, Juru Bicara Militer Amerika Serikat (AS), Kolonel Brian Tribus menyebutkan adanya sebuah kecelakaan yang melibatkan pesawat milik NATO dan sebuah balon pengawas yang terjadi di wilayah markas operasi Resolute Support NATO.

Menurut keterangan Tribus yang dilansir Sky News, Senin (12/10/2015), balon tersebut terlepas dari tambatannya saat kecelakaan terjadi, namun tidak menyebutkan detail peristiwa itu lebih lanjut.

Seorang saksi mata dari pihak penjaga keamanan Afghanistan juga menyebutkan bahwa helikopter jenis Puma MK 2 itu menabrak balon tersebut saat akan mendarat. Kabel yang terhubung ke balon itu melilit baling-baling helikopter sehingga menyebabkan musibah itu.

Lima orang yang tewas dalam peristiwa itu merupakan anggota dari Operasi Resolute Support yang dilakukan NATO di Afghanistan yang dimulai sejak 1 Januari 2015. Operasi yang terdiri dari 12.500 prajurit NATO itu merupakan lanjutan dari operasi sebelumnya yang berakhir pada Desember 2014.

Leave a Comment