Jan 072016
 

F16CD52ID

Jakarta – TNI terus menambah kekuatan militernya di Natuna, Kepulauan Riau dan sedang membangun Pangkalan Udara (Lanud) tipe B sebagai basis kekuatan angkatan udara.

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal Agus Supriatna mengatakan, pengembangan Lanud menjadi tipe B sejalan dengan rencana penambahan pasukan khusus angkutan udara (Paskhas).

“Rencana akan ada (penambahan) batalyon Paskhas, tapi lihat dulu pembangunan (Lanud) di Natuna, mungkin awalnya tidak satu batalyon” ujar KSAU di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, 5 Januari 2016.

Selain itu, sejumlah pesawat tempur juga akan disiagakan di Kepulauan Natuna. Sedangkan tambahan jet tempur F16 yang rencana akan tiba awal Maret 2016, akan ditempatkan di Lanud tipe A, Riau.

f16

“Radar di Natuna juga kita geser ke tempat strategis. Begitu juga pesawat tempur yang standby di sana. Untuk pesawat F 16 harusnya sudah datang lima pesawat. Tapi ada sesuatu hal, mundur akhir Februari atau awal Maret, dan diletakkan di Riau,” ujar Marsekal Agus Supriatna.

Wilayah Kepulauan Natuna terletak di perairan selat Malaka yang berbatasan langsung dengan wilayah Laut China Selatan. Ketegangan di Natuna meningkat setelah Tiongkok sempat mengklaim wilayah Natuna masuk kedalam teritorialnya.

TNI terus menyiagakan beberapa armada tempur di Natuna, untuk menjaga kedaulatan Indonesia. Kepulauan Natuna nantinya akan sangat kuat, karena dilengkapi Armada Angkatan Laut dan juga Angkatan Udara. Blok Natuna diketahui kaya akan kandungan minyak bumi.

Sumber : Viva.co.id

  27 Responses to “5 Jet Tempur F-16, Tiba Maret 2016”

  1. Pertamax kah?

  2. Kagak moncer ni barang
    SU35 yes

    • Sebenarnya ada beberapa hal yang patut di cermati.
      Pertama, kenapa TNI berani menaruh F-16 di Natuna dan bukan sokhoi yang secara kemampuan jauh di atas F-16 ??
      Kedua, Kasau mengatakan “untuk pesawat F-16 harusnya sudah datang lima”. Artinya ada pesawat lain selain F-16 yang sedang ditunggu TNI AU, apakah sokhoi ??
      Ketiga, Kasau mengatakan “Tapi ada sesuatu hal, mundur akhir februari atau awal maret”, apakah ada hubungannya dengan rencana TNI AU membeli AMRAAM sehingga beberapa bagian pesawat harus diperbaharui supaya kompatibel dengan senjata yang akan di usung ??

  3. Mantap

  4. Ya..great

  5. Keempat

  6. Jangan lupa bawa senjata yg super ghoib….

  7. Jangan lupa bawa senjata yg super ghoib…

  8. ooo pesawat terbang ini yang dilengkapi AIP, aip bagi bangsa ini blm perang udah nyungsep, pokok.a tetep ngarep su35 dateng cepat ngarep.com hahahahahaha

  9. Mudah2an yg datang viper dgn aim 120 nya..tni hrsnya beli viper 2 skadron disamping su 35 dan su 34..

  10. Semoga segera lengkap 24 datangnya nih pesawat. Biar joki2 kita bisa adu ketangkasan dng joki singapura. Kelas pespur kita boleh kalah namun kemampuan jokinya tdk perlu diragukan lagi. Joki singapura lawan yg terlalu ringan bagi joki kita.
    Tapi singapura punya rudal BVR Amram lho…hmmmm rudal Amram kok ditakutin. Kagak ngaruh tuh rudal buat joki kita. Dia pikir habis nembak tuh rudal langsung bisa ngacir. Ntuh rudal lemot cuma buat nyantap pespur teknologi era 90 an kebawah. Salam damai NKRI

  11. mudah2an yg datang F16C/D52ID-AirCommander

  12. Sudah berapa yang datang ? Berapa lagi sisanya ? Newbie

  13. Sudah berapa yang tiba ? kurang moncer nih barang
    Newbie

  14. Pesawat tempur rombengan … Bakalan bermasalah ini Dan membahayakan keselamatan pilot nya ….
    Tolong sampai disini saja …
    Jangan ditambah lagi ….
    Kalau mau beli pesawat tempur yaaa yang baru donk… Sukhoi 27/30/35….atau trio canard ….
    Lagipula buat apa beli pesawat tempur jelek..tapi tidak boleh dipakai tempur …? Senjata saja ..dibatasi macam nya ..dibedakan secara jelas dgn Singapore ……

  15. Kangen ma sukro terbang di atas kampung , kalo elang botak sih hampir tiap hari .

  16. Hibahkan aja ini barang , kata yonhap kagak moncer ini barang.

  17. Logikan nya yang F-5 Tiger II saja masih diperlukan, mosok F-16 tidak dipakai, ya harus diberdayakan wong adanya itu, yang penting dimanfaatkan seoptimal mungkin ….

  18. Camonya falcon yg diatas keren euy.

  19. tolong diulas gan perkembagan industri pertahanan di ASEAN tsb.

 Leave a Reply