Mar 142016
 

Kapal selam Korea Utara secara misterius tenggelam beberapa hari yang lalu, belum diketahui kebenaran dan apa penyebabnya. Mungkin karena kerusakan mesin karena usianya yang sudah tua, atau karena mengalami kecelakaan, atau mungkin karena sebuah serangan? Tidak ada yang tahu pasti karena Korea Utara adalah negeri yang tertutup dan penuh misteri.
Dan inilah lima daftar kecelakaan kapal selam paling misterius dalam sejarah.

1. Tahun 1968, kapal selam K-129 Soviet kecelakaan

Salah satu dari empat kecelakaan kapal selam paling misterius pada Maret 1968, kapal selam K-129 Uni Soviet tenggelam di Samudra Pasifik, tanpa sebab yang jelas. Sebuah kapal selam Angkatan Laut AS, USS Swordfish, yang mengalami kerusakan pada periskopnya dan berlayar ke Jepang untuk perbaikan dicurigai sebagai penyebabnya. Kecurigaan tersebut juga saling terkait dengan direbutnya sebuah kapal mata-mata USS Pueblo milik AS yang dilakukan Korea Utara, yang menyebabkan peningkatan aktivitas kapal selam AS di daerah itu.

Duta Besar AS untuk Moskow pada tahun 1993 menyatakan USS Swordfish tidak berada dekat dengan K-129 pada saat tenggelamnya kapal selam tersebut, dan kunjungan dari Direktur CIA Robert Gates tahun sebelumnya menunjukkan bagian dari kapal selam diambil oleh Central Intelligence Agency (CIA). Teori lain menyatakan kapal selam mengalami kebocoran akibat ledakan torpedo di kapal selam, meskipun penjelasan resmi menyatakan tenggelamnya K-129 dikaitkan dengan hilangnya kapal selam Amerika USS Scorpion.

2. Tahun 1968, Amerika Serikat kehilangan USS Scorpion (SSN-589)

Kapal selam USS Scorpion tenggelam pada Mei 1968, di lepas pantai Azores di Samudra Atlantik. Laporan awal menunjukkan tenggelamnya kapal selam itu akibat ledakan, meskipun penelitian lain menemukan penyebab lain. Sebuah dokumen yang dirilis pada tahun 1993 memaparkan teori ledakan torpedo didalam kapal selam sebagai akibat dari overheating.

Sama seperti dengan kapal selam Soviet, pihak AS menuduh kapal selam Uni Soviet sebagai penyebabnya, meskipun kedua belah pihak sejauh ini belum merilis penjelasan secara resmi.

3. Tahun 1996, Kapal selam Korea Utara Gangneung Kandas

Kapal selam Korea Utara pada tahun 1990-an kandas di pantai Korea Selatan. Diduga kapal selam itu mengirimkan pasukan komando untuk mengumpulkan data intelijen di Korea Selatan. Korea Selatan kemudian mengeksekusi awak kapal selam, dengan satu yang ditangkap ketika mencoba kembali ke Korea Utara.

Setelah kejadian itu, konsul Korea Selatan di Vladivostok tewas akibat keracunan misterius, yang diduga sejenis dengan racun yang ditemukan di dalam kapal selam Korea Utara.

4. Tahun 2003, kapal selam 361 China tenggelam

Kapal selam 361 milik China tenggelam di Laut Bohai, antara Cina dan Korea Utara. Kapal selam itu sendiri ditemukan oleh nelayan Cina, yang menemukannya sepuluh hari setelah kecelakaan, yang tampaknya sedang mengambil bagian dalam sebuah latihan.

Tidak ada penjelasan resmi yang diberikan oleh China, selain “kerusakan mekanik.” Sebuah laporan bocor dari sebuah surat kabar Hong Kong menunjukkan penyebabnya adalah kegagalan menutup mesin diesel setelah kapal selam menyelam, yang menyebabkan udara karbon monoksida mencekik dan menewaskan para kru kapal selam.

5. Tahun1968, Kapal selam INS Dakar Israel Kecelakaan

Kapal selam INS Dakar kehilangan kontak dan menghilang pada tahun 1968, saat berlayar ke Israel setelah dibeli dari Inggris. Sisa-sisa kapal selam pertama kali ditemukan oleh nelayan di Gaza pada tahun 1999.

Tokoh militer Mesir pada tahun 1970 mengklaim kapal selam itu ditenggelamkan oleh kapal perang Mesir, militer Israel membantah klaim tersebut. Israel tidak pernah memberikan penjelasan resmi atas tenggelamnya kapal selam INS Dakar, meskipun tampak banyak kerusakan pada reruntuhan kapal selam tersebut.

Sputnik

  27 Responses to “5 Kecelakaan Kapal Selam Paling Misterius”

  1. Semakin misterius pertamax

  2. kurang banyak kanyak tuh

  3. 5 atau lebih ya

  4. Mungkin strateghy KOREA saja tentang kasel mereka hilang.
    setahu saya kasel korea utara ada 50 unit kapal selam jenis Romeo Berat 1.400 ton kelas Whiskey berat 1.000 ton

  5. hal yg lumrah saling tuduh menuduh disaat perang dingin

  6. Scorepene sebelah bentar lagi masuk daftar kapal tenggelam secara konyol

  7. Kelima

  8. Hemmm ….
    Nyimak aja

  9. Sayangnya cmn sampai nmr 5 saja. Coba klo sampai nmr 7. Kasel dr selatan dan utara yg jadi rumpon pasti ikut dlm daftar..

  10. ka….diek……kadiek……

    selama masih buatan manusia….pasti tidak da yang sempurna………hanya rokok mild yang Sampoerna.

  11. Breaking News : Telah terjadi kecelakaan/malfungsi alat hyperbaric chamber di rsal. Mintoharjo,,,4 pasien yang sdg menjalani terapi didalamnya meninggal dunia. **RIP**

  12. Satu lagi yang paling misterius bahkan ahli pembuat kapal belom menemukan penyebabnya, padahal kapal selam ahlinya untuk menyelam…inilah salah satu yang paling paling misterius yaitu kapal scorpen malaon yang mengambang tanpa bisa menyelam…..kihkihkwkwkwkwkwkwkw

  13. kecelakaan kapal selam melegenda adalah kapal selam nuklir uni sovyet KURSK yg menewaskan 118 awaknya

  14. Kasel korut yono nyasar ke Indonesia kali. Hikhikhik!

  15. 1 lagi,kapal selam yang phobia menyelam,kapal selam milik siapa itu ya…

  16. test

  17. Kalsel scorpene sejatinya kalsel canggih, cuma si najib sengaja naikin harganya biar katanya lebih canggih dan jaguh padahal, padahal harganya murah banget, makanya di kasi kasel biasa ama….. prancis dengan kemampuan yg biasa…padahal duitnya itu yg jadi permasalahn karena skandal korupsi…

  18. itu masih kurang misterius bung. . .!!!

    yg misterius itu malah kapal selam indonesia,
    dulu pada jaman bung karno RI punya sekitar 12 kapal selam,
    2 diantaranya cakra dan nanggala,1 diantaranya jadi musium,
    dan yg 9 kasel masih misterius,entah tenggelam atau enggaknya sampai skrng gk ada yg tahu. .!!!!

    *ini baru misterius,dan sangat misterius*

    • Nah, itu dia bung @Ahli Spekulasi. Kalau gak salah ada juga KRI Irian, MiG family, SAM medium, dan beragam mesin tempur buatan Soviet era bung Karno & pak Habibi (alutsista eks. Jerman Timur) lainya yg menghilang misterius. Sampai sekarang-pun gak ada yang tahu pasti dimana keberadaanya.

      Barang yg seharusnya diperlakukan dg baik di museum untuk bahan pembelajaran & sarana hiburan justru berkarat dalam kedamaian entah dimana.

      Atau sebenarnya selama ini kubu ghaibiyah memang benar adanya: “biarlah yang ghaib tetap ghaib”. Ah. Entahlah.

 Leave a Reply