Mar 242019
 

Saat berada di KRI, para siswa juga dipandu diajak berkeliling kapal sembari menerima penjelasan oleh perwira kapal saat melihat secara langsung dan masuk ke dalam Helikopter serta melihat berbagai peralatan yang dimiliki oleh KRI.

Beirut, Jakartagreater.com – Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBPP) RI Untuk Lebanon H.E., Hajriyanto Y. Thohari beserta 50 siswa setingkat sekolah menengah atas di Lebanon mengikuti kegiatan open ship di KRI Sultan Hasanuddin-366 pada Kamis 21-3-2019 di Dermaga Beirut.

Kegiatan Open Ship KRI Sultan Hasanuddin-366 digelar oleh Satuan Tugas Maritim TNI Kontingen Garuda (Konga) XXVIII-K/Unifil (United Nations Interim Force in Lebanon) bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beirut untuk Lebanon.

Kegiatan diawali dengan sambutan Dansatgas dan Dubes, yang dilanjutkan dengan menerima paparan mengenai kebudayaan Indonesia dan destinasi wisatanya serta gambaran mengenai TNI AL dan penjelasan singkat tentang KRI Sultan Hasanuddin-366 dalam melaksanakan tugas Satgas Maritim TNI Kontingen Garuda XXVIII-K/Unifil yang disampaikan oleh perwira Satgas di Lounge Room KRI.

Dalam kesempatan tersebut, seusai paparan singkat dilanjutkan dengan kuis pertanyaan yang dilemparkan kepada rombongan siswa. Setiap siswa yang mampu menjawab pertanyaan mendapatkan hadiah souvenir.

Saat berada di KRI, para siswa juga dipandu diajak berkeliling kapal sembari menerima penjelasan oleh perwira kapal saat melihat secara langsung dan masuk ke dalam Helikopter serta melihat berbagai peralatan yang dimiliki oleh KRI.

Rombongan siswa sangat antusiasme saat ditampilkannya pentas kesenian budaya oleh prajurit satgas diantaranya tari Jaranan, Brambangan Cakil, Rampak Gendang yang diiringi oleh oleh Melody Garuda band, dimana penampilan ini sebagai misi diplomasi untuk memperkenalkan dan mempromosikan budaya Indonesia.

Komandan Satgas MTF TNI Konga XXVIII-K/Unifil Letkol Laut (P) Cecep Hidayat, S.E.,M.Si. menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan kehadiran Dubes serta siswa sekolah di Beirut Lebanon. Menurutnya ini suatu kebanggaan untuk memperkenalkan tentang misi tugas di MTF sekaligus berkesempatan memperkenalkan Indonesia dan kebudayaannya.

“Ini merupakan suatu kegiatan yang sangat baik dalam rangka meningkatkan persahabatan. Indonesia khususnya, Kedutaan Besar Republik Indonesia yang ada di Beirut dan juga satgas MTF dengan masyarakat umum yang ada di Lebanon,”. Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia kepada warga Lebanon, khususnya kepada para siswa sekolah di Beirut, Lebanon.

“Diharapkan melalui kegiatan ini dapat mendukung promosi pariwisata Indonesia dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Indonesia,” ujarnya. “Saya juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran bapak Dubes mendampingi para siswa sekolah ikut dalam kegiatan open ship ini, ” tambahnya.

Satgas Maritim TNI Kontingen Garuda (Konga) XXVIII-K/Unifil (United Nations Interim Force in Lebanon) adalah Satgas yang bertugas sebagai pasukan pemeliharaan perdamaian dunia dibawah naungan PBB selama 1 tahun di wilayah perairan Lebanon dengan menggunakan KRI Sultan Hasanuddin-366 dan Heli Dauphin AS-365 N3+ (dispen koarmada II)