Posisi Indonesia dan Isu Perang Dunia ke-3

Ilustrasi ledakan nuklir

Posisi Indonesia sekarang memang bisa dikatakan cukup aman dan kondusif.Kondisi ini bisa dilihat dari 2 konflik besar di dunia ini yang sedang berlangsung yaitu sengketa Laut Cina Selatan (LCS) dan perang di Timur Tengah.Dari 2 konflik besar itu Indonesia tidak terlibat sebagai pemain atau belum terlihat sebagai pemain, tapi jika dilihat dari kacamata inteligen mungkin Indonesia sudah terlibat sebagai pemain meskipun bukan pemain utama.Oleh sebab itu, Indonesia bisa dikatakan cukup aman dan kondusif bila dilihat dari kacamata publik.

Terus apa hubungannya Indonesia dengan isu perang dunia ke-3 (PD3)..?

Untuk menjawab pertanyaan ini marilah kita pelajari dulu isu perang dunia ke-3.Isu ini sering terdengar akhir-akhir ini diberbagai media dan isu ini sering dihubungkan dengan 2 konflik besar yang sedang berlangsung.Hal ini sangat wajar karena konflik besar itu mempertemukan dua kekuatan yaitu Blok Barat dan Blok Timur.

Banyak pengamat menilai 2 konflik itu merupakan sumbu perang dunia ke-3, tinggal siapa yang menyalakan sumbunya, tentunya bukan Indonesia yang menyalakan sumbu ini.Jika sumbu ini menyala perang dunia ke-3 sudah bisa dipastikan terjadi.Indonesia tentunya sudah memikirkan itu.

Menganalisa konflik yang sedang berlangsung apakah karena kearoganan dan kerakusan pemimpin yang bersikap tidak adil atau justru perebutan Sumber Daya Alam (SDA).Jika dilihat dari kacamata publik bisa dipastikan ini karena kearoganan dan kerakusan pemimpin, tetapi jika dilihat dari kacamata inteligen bisa dipastikan ini perebutan SDA.Kenapa..?, karena banyak negara yang terlibat dalam konflik itu.

Perang dunia ke-3 tidak akan terjadi jika semua negara mengendalikan populasi penduduknya dan menciptakan energi alternatif yang bisa diperbaruhi untuk menggantikan energi yang tidak bisa diperbaruhi.Apakah Indonesia berani mengajak semua negara untuk melakukan itu.
Perang dunia ke-3 akan tetap terjadi jika ada negara yang tidak mau terutama negara yang punya pengaruh besar.Kemudian negara ini bisa membuat beberapa negara lain mengekor.Sehingga ini menjadi masalah yang sangat serius terhadap Indonesia.

Hubungan Indonesia dengan Isu Perang Dunia Ke-3

Indonesia sebagai negara yang kaya SDAnya akan menjadi target negara yang kekurangan SDA.Oleh sebab itu, Indonesia dengan segenap kekuatan harus bisa mempertahankan kedaulatannya.Selama Indonesia masih cukup aman dan kondusif alangkah baiknya negara memperkuat otot-ototnya dengan senyap.

Salam sehat bagi bung-bung semua. :D :D :D

Wijayakusuma (Edisi Opini)