Ribuan Tentara Iran Tiba di Suriah

ilustrasi : Ribuan tentara Iran tiba di Suriah, siap perangi ISIS

Kelompok yang memonitor konflik di Suriah mengatakan, ribuan pasukan Iran telah tiba di kota Latakia, Suriah. Pasukan tersebut tengah dipindahkan ke bagian lama dari Bandara Internasional Basel al-Assad dari Latakia.

Kelompok Observatorium untuk HAM Suriah itu juga mengatakan, Angkatan Udara Rusia, yang kerap menyerang posisi pemberontak Suriah sejak akhir September lalu, telah ditempatkan di bagian baru dari bandara, seperti dikutip dari laman Xinhua, Kamis (15/10/2015).

“Pasukan Iran tiba untuk mengambil bagian dalam pertempuran di pedesaan utara Provinsi Hama, pedesaan provinsi barat laut Idlib, dan gunung Latakia,” kata kelompok monitor yang berbasis di Inggris tersebut.

Kelompok tersebut juga mengatakan, Angkatan udara Rusia juga akan mengambil bagian dalam pertempuran disejumlah tempat tersebut.

Kelompok tersebut juga mengatakan, bahwa pasukan Rusia telah bekerja untuk membangun sebuah landasan pacu yang panjang di bandara Latakia, sehingga mampu menerima pesawat tempur yang lebih besar. Rusia juga akan memperluas bandara al-Hamidiyeh di kota pesisir Tartus, seolah menjadi pertanda meluasnya keterlibatan Rusia dan Iran di Suriah.

Pangkalan udara Latakia sendiri baru-baru ini menjadi saksi bisu kedatangan ratusan penasihat militer dan para ahli Rusia. Iran dan Rusia adalah sekutu utama pemerintah Suriah dalam menghadapi kelompok pemberontak.