Surya Paloh: Ada Konspirasi Kaitkan Saya dengan Kasus Patrice

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh saat memberikan keterangan kepada media, di Kantor DPP Partai Nasdem, Jakarta Pusat, Kamis (15/10/2015).
Surya Paloh: Ada Konspirasi Kaitkan Saya dengan Kasus Patrice 1

Jakarta – Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengaku tidak mengetahui perihal kasus yang membuat Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Patrice Rio Capella ditetapkan sebagai tersangka. Namun, Paloh mengetahui bahwa ada konspirasi yang mengaitkan dirinya dalam kasus tersebut.

“Kalau Anda masih melihat wajah saya, saya benar-benar tidak mengetahui sebelumnya,” ujar Paloh saat menjawab pertanyaan wartawan dalam konferensi pers di Kantor DPP Partai Nasdem, Jakarta Pusat, Kamis (15/10/2015).

Meski demikian, Paloh mengetahui bahwa telah berkembang isu yang menyebutkan ia terkait dalam kasus yang menjerat Patrice. Menurut dia, seakan-akan ada sebuah pertemuan di mana ia bertindak sebagai makelar kasus, dan menggunakan legalitasnya untuk mengatur perkara yang pada awalnya menjerat Gubernur Sumatera Utara.

“Demi obyektivitas, saya nyatakan itu tidak benar. Itu dari hati nurani saya, saya bicara dengan akal sehat dan kebenaran,” kata Paloh.

Sebelumnya, KPK menetapkan Patrice Rio Capella sebagai tersangka kasus dugaan menerima gratifikasi dalam proses penanganan perkara bantuan daerah, tunggakan dana bagi hasil, dan penyertaan modal sejumlah badan usaha milik daerah di Provinsi Sumatera Utara.

Penetapan status ini merupakan pengembangan penyidikan dari kasus yang menjerat Gubernur nonaktif Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho dan istrinya, Evy Susanti, sebagai tersangka. Keduanya merupakan tersangka kasus dugaan suap kepada hakim dan panitera Pengadilan Tata Usaha Negara di Medan.

KOMPAS.com

Leave a Comment