Kapal Selam Induk Multimisi, Project 940 Lenok

Kapal selam Project 940 Lenok (Salmon) Uni Soviet, merupakan kapal selam dengan beragam misi. Dilengkapi dengan dua Deep Submergence Rescue Vehicles (DSRV) atau kapal selam mini Poseidon class.

Bisa berfungsi sebagai kapal selam induk untuk operasi penyelaman dan penyelamatan kapal selam lain yang mengalami kerusakan atau kecelakaan. Kapal selam dilengkapi dengan ruang dekompresi dan fasilitas medis, yang mampu menangani dan menampung korban hingga puluhan orang.

Juga bisa berfungsi sebagai kapal komando untuk operasi penyusupan pasukan khusus, pemasangan ranjau dipelabuhan musuh dan misi sabotase lainnya. Kapal selam mini (DSRV) mampu mengangkut 24 pasukan dengan tiga orang awak.

Kapal selam mini Poseidon bisa di lepas di kedalaman laut 120 m dan mampu menyelam hingga kedalaman 500 – 1000 m.

Kapal selam Lenox ( NATO menamakannya India class) bertenaga diesel elektrik, memiliki panjang 106 m, beam 9.7 m dan draught 10 m. Berbobot saat dipermukann 4000 ton dan saat menyelam 6840 ton, Lenok dipersenjatai 4 peluncur torpedo 533 mm.

Lenok diawaki oleh 94 kru dan mampu melaju dikedalaman dengan kecepatan 15 knot. Kapal selam Lenok sudah dihapus dari arsenal militer Rusia sejak tahun 1990.