AS Kirim Pasukan ke Kamerun Buru Boko Haram

Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama mengumumkan bahwa Angkatan Bersenjata AS telah dikerahkan ke Kamerun untuk membantu memerangi militan Islam Boko Haram. Sebanyak 300 personel militer AS akan melakukan tugas intelijen udara, pengawasan, dan operasi pengintaian di wilayah tersebut.

Obama mengatakan, pasukan AS akan tetap berada di Kamerun sampai tidak diperlukan lagi. Saat memberikan pemberitahuan kepada Kongres, sebagai awalan, AS akan mengirim 90 tentara. Semua tentara AS yang bertugas di Kamerun akan dilengkapi dengan senjata untuk tujuan memberikan perlindungan dan keamanan.

“Misi di Kamerun akan menjadi bagian dari upaya regional yang lebih luas untuk menghentikan penyebaran Boko Haram dan organisasi ekstrimis lainnya di Afrika Barat,” kata juru bicara Gedung Putih, Josh Earnest, Minggu (18/10/2015)

AS juga akan mengirimkan pesawat pengintai dan personel militernya akan mengambil bagian dalam pencarian untuk anak-anak yang menjadi korban penculikan di sekolah Chibok pada tahun lalu.

Kamerun sendiri telah menjadi target serangan militan Boko Haram sejak ikut dalam koalisi bersama Nigeria, Chad, dan Niger dalam memerangi kelompok tersebut.