Serangan Udara Tewaskan Pimpinan Al Qaeda

Militan Al Qaeda

Seorang pemimpin top kelompok Al Qaeda dikabarkan tewas bersama dua anggota Front Nusra lainnya di Provinsi Aleppo, Suriah, akibat sebuah serangan udara. Namun, hingga kini belum diketahui apakah serangan udara Rusia atau Koalisi Internasional pimpinan Amerika Serikat (AS) yang menewaskan Sanafi Al Nasr.

Sanafi Al-Nasr merupakan seorang ahli strategi senior Al Qaeda dan seorang perantara untuk para pemimpin kelompok teroris itu. Ia diduga tewas dalam serangan udara di dekat Kota Dana yang sering mendapatkan gempuran serangan Rusia maupun Koalisi Internasional, seperti dikutip CBS News, Minggu (18/10/2015).

Tewasnya Sanafi Al-Nasr, yang bernama asli Abdul Mohsen Abdallah Ibrahim Al Charekh, mendapat konfirmasi dari Observatorium untuk HAM Suriah yang berbasis di Inggris.

Al Nasr yang lahir di Arab Saudi merupakan anggota dari Komite Kemenangan Al Qaeda yang bertanggung jawab untuk mengembangkan dan menerapkan strategi serta kebijakan kelompok.

Baik Rusia maupun Koalisi Internasional memang sama-sama melancarkan serangan udara di Provinsi Aleppo. Koalisi Internasional diketahui sudah sejak setahun yang lalu memborbardir kelompok Front Nusra maupun ISIS di Suriah, sedangkan Rusia memulai serangan udaranya sejak 30 September 2015.