Eksekusi Pejuang Indonesia di Jaman Belanda

Eksekusi tentara Belanda terhadap enam pejuang Indonesia di masa penjajahan. (Photo: devolkskrant)

Sejumlah foto terbaru dirilis media Belanda, de Volkskrant, 16/10/2015, yang menunjukkan kekejaman tentara Belanda terhadap pejuang Indonesia di masa penjajahan. Foto ini menunjukkan enam pejuang Indonesia dieksekusi di satu tempat oleh tentara Belanda.

Foto terbaru ini bagian dari 179 foto dan slides yang sebelumnya tidak pernah dipublikasikan di media mana pun. Foto ini ditemukan di ruang penyimpan barang berharga, di bangunan bekas bank, di kota Gouda, Belanda. Bangunan itu kini menjadi gedung Museum Perlawanan di Provinsi Zuid-Holland.

”Semua foto ini mengingatkan saya pada foto-foto eksekusi yang pernah diumumkan oleh harian devolkskrant bulan Juli 2012. Pria-pria yang dieksekusi berdiri di pinggir parit yang dangkal. Foto-foto ini dibuat dari jarak yang sangat dekat dan itu luar biasa.

Dua dari enam pria itu sebenarnya gampang sekali diidentifikasi siapa mereka,” kata, Joost Lamboo, penanggung jawab foto koleksi museum. Lamboo mengaku menemukan foto secara tidak sengaja di sebuah ruang pintu besi di laci yang berisi barang-barang Perang Dunia II.

Di antara koleksi foto yang ada, terdapat juga foto desa yang dibakar habis, aksi pembersihan, dan interogasi terhadap orang-orang Indonesia yang ditelanjangi. Ada pula slide beberapa pejuang Indonesia yang sudah dipenggal kepalanya.

Foto yang kontras dari peristiwa itu, ada slide orang Indonesia yang menunjukkan sebuah piagam yang menjadi bukti kesetiaannya kepada pemerintah Kolonial Belanda. Piagam itu diduga pemberian Kerajaan Belanda usai Perang Aceh (1873-1914).