Iran Kirim Tiga Kapal Perang ke Rusia

Kapal perang Iran

Militer Iran menyatakan, ketiga kapal perangnya akan berlabuh di pelabuhan Kota Asrtrakhan, Rusia selatan. Rencana kedatangan tiga kapal Iran itu, seperti dilaporkan kantor berita Mehr, Senin (19/10/2015), untuk mempromosikan kerjasama damai dan memperkuat hubungan antara kedua negara.

Menurut laporan itu, tiga kapal perang Iran yang sedang menuju Rusia adalah kapal perusak Damavand, Joshan dan Peykan. Kapal-kapal perang Teheran telah berangkat dari pelabuhan Bandar-e Anzali, Iran utra. Kerajasama peningkatan keamanan antara Iran dan Rusia akan difokuskan di kawasan Laut Kaspia.

Ahmad Reza Bagheri, seorang kapten Angkatan Laut Iran, mengatakan bahwa kunjungan tiga kapal perang itu telah dijadwalkan sebelumnya. Setelah singgah di pelabuhan Astrakhan, kapal-kapal perang Teheran itu akan menuju ke Baku, Ibu Kota Azerbaijan dan kemudian akan kembali ke Iran dalam waktu dua minggu.

Saat ini, Iran dan Suriah telah menjadi sekutu Rusia dalam memerangi kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dan kelompok teror lain di Suriah. Ketiga negara itu, bersama Irak telah berbagi data intelijen untuk jadi acuan dalam menyerang target-target ISIS di Suriah.