Inggris Khawatir Dengan Kemampuan Tank T-14 Armata

Angkatan Darat Inggris sedang mempertimbangkan masa depan tank tempur utama (MBT) Challenger 2, termasuk kemungkinan membeli tank baru. Upaya ini merupakan kelanjutan dari proyek yang diluncurkan lebih dari satu dekade yang lalu untuk meng-upgrade armada tank Angkatan Darat Inggris, tapi awal tahun ini para pemimpin militer memerintahkan upaya yang lebih luas untuk solusi radikal terkait upaya peningkatan 227 tank Challenger 2.

Pembelian MBT baru adalah salah satu pilihan yang dipertimbangkan, bersama program Limited Life Extension Programme (LEP) untuk mengganti bagian usang atau upgrade yang lebih luas MBT Chalenger 2.

Angkatan Darat Inggris telah menjadi semakin khawatir dengan kemampuan meriam utama L30A1 120mm dan amunisi Challenger 2. Menurut pihak militer Inggris T-14 Armata dinilai memiliki lapisan armor baru dan sistem pertahanan diri modern yang membuat meriam 120 mm Challenger 2 tidak lagi mampu menghadapinya.

Namun dari kabar terbaru, pihak Inggris akhirnya lebih memilih progaram LEP dan meng-upgrade MBT Chalenger 2 dibanding mengembangkan atau membeli Tank baru. Anggaran yang tersedia juga akan difokuskan pada pengadaan kendaraan taktis lapis baja dan kendaraan Mine Resistant Ambush Protected (MRAP).