Malaysia: Kebakaran Hutan di Indonesia, Padam dengan Syarat

Kuala Lumpur – Upaya-upaya internasional terus dilakukan untuk memadamkan kebakaran hutan di Indonesia. Namun seorang menteri Malaysia mengatakan, semua upaya tersebut akan gagal dan Asia Tenggara akan terus mengalami masalah kabut asap hingga beberapa pekan mendatang. Menurutnya, hanya musim penghujan yang bisa menghentikan kebakaran hutan yang merajalela.

“Kecuali ada hujan, tak mungkin intervensi manusia bisa memadamkan kebakaran tersebut,” tutur Menteri Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup Malaysia Wan Junaidi Tuanku Jaafar di sela-sela sesi parlemen Malaysia.

Diingatkan Jaafar, kebakaran hutan melanda wilayah yang sangat luas di Indonesia.

“Bahkan upaya internasional yang kini tengah dilakukan, tidak cukup untuk memadamkan kebakaran tersebut,” kata menteri negeri Jiran itu seperti dilansir ABC.net.au, Selasa (20/10/2015).

Dikatakan Jaafar, krisis kabut asap ini akan terus berlangsung hingga setidaknya satu bulan ke depan.

“Kami harap hujan akan turun pada pertengahan November. Itu akan mampu memadamkan kebakaran,” tandasnya.

Awal bulan ini, pemerintah Indonesia setuju untuk menerima bantuan internasional guna memadamkan kebakaran hutan. Bantuan tersebut termasuk enam pesawat dari Singapura, Malaysia dan Australia. Pesawat-pesawat itu merupakan bagian dari pengerahan 32 pesawat dan helikopter water-bombing dan lebih dari 22 ribu personel yang dikerahkan untuk memadamkan kebakaran hutan di Indonesia.

Detik.com