Filipina Ingin Menghidupkan Lagi Skuadron “Si Kampret”

PAF saat ini sedang mencari suku cadang yang dibutuhkan untuk mengaktifkan kembali 2 pesawat OV-10 Bronco.

Dalam usahanya untuk mengoperasikan lebih banyak pesawat tempur, Angkatan Udara Filipina (PAF) telah mengumumkan mengalokasikan sejumlah anggaran sebesar PhP 16,5 juta untuk akuisisi suku cadang yang dibutuhkan untuk pengaktifan kembali dua pesawat serangan darat Rockwell OV-10 Bronco. Pesawat ini adalah OV-10 dengan nomor seri 636 dan 402.

Pengumuman pra-tawaran diadakan pada 21 Oktober 2015 jam 01:00, di PAF Procurement Center Conference Room, Villamor Air Base, Pasay City. Sementara penyerahan dan pembukaan penawaran diadakan pada 13 November pukul 9 pagi di tempat yang sama.

OV-10 adalah pesawat serang darat utama milik PAF. Sekitar enam sampai delapan unit saat ini masih dalam pelayanan.

“Si Kampret” pernah menjadi andalan Angkatan Udara Indonesia sebagai pesawat serang ringan dan pesawat khusus pertempuran anti gerilya / COIN ( Counter Insurgency). Dengan daya jelajah 927 km, Bronco mampu terbang selama 3 jam tanpa henti untuk memantau maupun melakukan sarangan darat pada jarak dekat. Dipersenjatai empat senapan mesin M60C dan dua rudal anti pesawat AIM 9 Sidewinder, Bronco mampu mengangkut bom dan roket hingga seberat tiga ton.