Tiga Tentara Rusia Tewas Diroket

Sebuah sumber militer pro-pemerintah Suriah mengatakan, tiga tentara Rusia yang ikut bertempur dengan pasukan pemerintah Suriah telah tewas dan beberapa lainnya cedera saat sebuah roket menghantam posisi mereka di Provinsi Latakia.

Setidaknya ada 20 pasukan Rusia di sebuah pos yang berada di daerah Nabi Younis ketika sebuah roket menghantam lokasi tersebut. “Kemungkinan besar roket tersebut ditembakkan oleh kelompok militan,” kata sang sumber seperti dikutip dari laman Reuters, Rabu (21/10/2015).

Pernyataan itu mengacu pada kelompok-kelompok pemberontak. Sementara itu, kantor berita RIA mengutip pernyataan Kedutaan Rusia di Damaskus mengaku tidak memiliki informasi mengenai kematian tiga tentara Rusia yang dilaporkan. Sedangkan para pejabat Suriah tidak bisa dihubungi untuk dimintai keterangan.

Pihak Kremlin sendiri mengatakan tidak ada pasukan Rusia yang ikut bertempur di Suriah, meskipun mengakui adanya instruktur dan penasihat yang bekerjasama dengan militer Suriah dan juga pasukan yang menjaga pangkalan militer di Suriah barat. Kremalin juga menegaskan tidak mempunyai kebijakan untuk merekrut dan menempatkan pasukan relawan di Suriah.

Jika kabar ini benar adanya, maka ini adalah insiden pertama yang menewaskan pasukan Rusia sejak negara itu melakukan operasi militer di Suriah pada akhir bulan September lalu. Operasi militer ini diluncurkan untuk memeriangi kelompok ISIS dan melindungi Presiden Suriah, Bashar al-Assad.