F-16V Terbang Perdana Menggunakan Radar AESA

First F-16V with advanced AESA radar

Lockheed Martin berhasil melakukan penerbangan perdana F-16V terbaru dan yang tercanggih di pasar F-16 saat ini. tanggal 16 Oktober menandai pertama kalinya satu pesawat F-16 diterbangkan dengan radar AESA (Active Electronically Scanned Array) Northrop Grumman APG-83 advanced, Scalable Agile Beam Radar (SABR), yang akan memberikan lompatan kuantum dalam kemampuan prestisius F-16.

F-16V konfigurasi “Viper” memiliki avionik canggih, termasuk kokpit baru Center Pedestal Display, modernized mission computer, a high-capacity Ethernet data bus dan beberapa perangkat tambahan sistem misi lain yang secara kolektif menambah kemampuan tempur yang signifikan untuk mengatasi ancaman yang dinamis muncul dalam beberapa dekade mendatang.

“Penerbangan ini menandai tonggak bersejarah dalam evolusi dari F-16,” kata Rod McLean, wakil presiden dan general manager dari Lockheed F-Martin 16 / F-22 Integrated Fighter Group. “Konfigurasi F-16V baru mencakup berbagai perangkat tambahan yang dirancang untuk menjaga F-16 berada di garis depan alat keamanan internasional, memperkuat posisinya sebagai pesawat tempur yang telah terbukti terkemuka di dunia untuk Generasi 4.”

F-16V, merupakan pilihan untuk pesawat produksi baru F-16 atau upgrade F-16, yang menggunakan konfigurasi generasi baru yang memanfaatkan infrastruktur yang sudah handal dan memberikan peningkatan kemampuan yang signifikan dan paling terjangkau, untuk multi-role fighter.

Radar penembakan APG-83 AESA sabr Northrop Grumman menyediakan kemampuan radar udara-ke-udara dan udara-ke-darat Generasi ke 5. Northrop Grumman adalah perusahaan yang juga menyediakan radar AESA untuk F-22 Raptor dan F-35 Lightning II. Dan telah menyuplai untuk 4.550 F-16 hingga saat ini. F-16V adalah langkah natural dalam evolusi yang paling sukses dari pesawat tempur Generasi 4 dunia.