AS Jual 8 Jet Tempur F-16 ke Pakistan

Amerika Serikat sedang mempersiapkan untuk menjual delapan jet tempur F-16 baru untuk Pakistan.

Menurut sebuah laporan New York Times Kamis 22 Oktober 2015, Kongres telah diberitahu hanya beberapa hari lalu tentang rencana penjualan jet tempur tambahan meskipun tidak jelas apakah Gedung Putih berencana untuk mengumumkan penjualan pesawat selama kunjungan Perdana Menteri Nawaz Sharif untuk bertemu dengan Presiden Barack Obama.

Jet tempur baru akan menambah kekuatan jet tempur Pakistan yang selama ini diperkuat lebih dari 70 F-16 dan puluhan pesawat niatam Prancis dan China.

Sebelumnya pada April, Departemen Luar Negeri AS menyetujui permintaan Pakistan untuk pembelian perangkat keras dan peralatan militer senilai satu miliar dolar. Hal ini menunjukkan meski dekat dengan China, Pakistan masih sangat didukung oleh Amerika.

Pada bulan Mei tahun ini, AS juga menyerahkan 14 pesawat tempur, 59 pesawat jet pelatih militer dan 374 kendaraan lapis baja kepada Pakistan.

Senjata yang dipasok ke Pakistan sebelumnya digunakan oleh pasukan Amerika di Afghanistan dan Irak.

Laporan itu mengatakan bahwa banyak anggota Kongres AS khawatir bahwa F-16 yang dimiliki Pakistan justru akan lebih banyak digunakan untuk mengancam India daripada melakukan perang kontraterorisme.