AS akan Bantu Wujudkan Visi Maritim Indonesia

Presiden Jokowi (Dok.)

Jakarta – Kunjungan Presiden Jokowi ke Amerika Serikat (AS) antara lain ditujukan untuk membantu terwujudnya visi maritim Indonesia. Hal itu dilakukan dengan menjalin kerja sama di bidang maritim dengan AS.

“Salah satu kesepakatan yang akan diluncurkan pada kunjungan nanti adalah MoU mengenai kerja sama maritim antara Indonesia dengan AS. Dengan kesepakatan itu, Indonesia dan AS akan bekerja sama untuk membangun kapasitas maritim Indonesia guna mewujudkan lima pilar visi maritim yang diusung oleh Presiden Jokowi,” kata Dubes RI untuk AS, Budi Bowoleksono, Jumat (23/10/2015).

Kerja sama itu meliputi berbagai area, seperti keamanan maritim, ekonomi maritim, sumber daya laut dan perikanan, keselamatan navigasi, dan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kelautan. AS sebagai negara dengan kekuatan maritim terbesar dunia akan menjadi mitra yang dapat memberikan manfaat bagi Indonesia.

“Salah satu aspek yang menjadi perhatian adalah pembangunan infrastruktur maritim seperti tol laut yang selalu ditekankan oleh Presiden. Kerja sama dengan AS juga mencakup aspek tersebut,” tutur Dubes Sonny.

Selain kesepakatan di bidang maritim, kunjungan Jokowi ke AS juga akan menjadi momen peluncuran berbagai kerja sama lain, seperti di bidang pertahanan, energi, dan penerbangan.

Selain ke Washington DC, Jokowi juga akan berkunjung ke San Fransisco untuk bertemu kalangan industri teknologi informasi (TI) guna mendorong investasi AS di bidang TI di Indonesia dan memperbesar akses masyarakat terhadap teknologi.

Detik.com