Kapal Patroli Tiongkok Melanggar Perairan Jepang

Kapal Patroli Coast Guard China, Haijing 1123

Tokyo – Dua kapal patroli Tiongkok memasuki wilayah perairan Jepang di lepas Kepulauan Senkaku di Laut Tiongkok Timur. Para pejabat Penjaga Pantai Jepang mengatakan pelanggaran itu terjadi di lepas pantai Pulau Uotsuri segera setelah pukul 10.00, Sabtu (24/10/2015). Mereka mengatakan kapal-kapal itu berada di daerah tersebut selama sekitar dua jam dan meninggalkan perairan itu segera setelah tengah hari.

Pada pukul 12:30, kapal-kapal itu berlayar di zona tak terputus tepat di luar perairan teritorial. Daerah itu sekitar 26 kilometer sebelah tenggara Pulau Minamikojima. Penjaga Pantai memberi peringatan kepada kapal-kapal tersebut agar tidak mendekati perairan teritorial.

Ini adalah pelanggaran yang pertama oleh kapal-kapal Tiongkok ke perairan teritorial Jepang di lepas pantai Kepulauan Senkaku setelah tanggal 9 Oktober. Pelanggaran ini merupakan pelanggaran serupa untuk hari ke-29 dalam tahun ini.

Jepang menguasai Kepulauan Senkaku. Pemerintah Jepang berpendapat bahwa kepulauan itu adalah bagian tak terpisahkan dari wilayah Jepang. Tiongkok dan Taiwan mengklaim kepulauan itu.

Pikiran-rakyat.com