Cerita Adipati Latihan Fisik Bareng Kopassus

Adipati Dolken

Aktor muda Adipati Dolken menceritakan pengalamannya saat berlatih fisik dengan anggota Kopasus. Dia rela menjalani latihan fisik layaknya seorang tentara. “Latihan fisik dengan Kopasus, semacam latihan semi militer. Jam 4 pagi bangun, sholat, mandi, jam 5 kita senam, jam 6 kita naikin bendera, apel pagi, terus latihan dan terus jaga barak. Setiap orang itu bangun di setiap jam. Saya kebagian setiap jam. Lokasi pelatihannya di Situ Lembang,” cerita Adipati tentang latihan militernya.

Tapi kata Adipati yang paling berat itu justru latihan mentalnya. “Latihan fisik itu yang paling berat adalah latihan mental. Dijemur di atas matahari 5 jam. Enggak boleh ngantuk. Bahkan ada yang dicemplungin kali. Yang berat adalah pas denger pelatihnya ngomong sambil belajar PBB (pelajaran baris berbaris).” Adipati juga mengaku kalau dia sering dihukum. Hukuman apa ya yang diterimanya? “Salah dikit push up, dan lain-lain. Minimal sekali itu 100 kali push up,” lanjutnya.

Adipati bukannya benci dengan tempat pelatihannya, dia malah mengaku sedih ketika harus meninggalkan Situ Lembang. “Pas latihan fisik aja sih, kan itu yang paling berat, dua hari pertama badan kaget. Salah dikit push up. Tapi pas mau pulang kami malah nangis karena kami suka dengan tempat itu.”

Ada untungnya juga lho dari pelatihan fisik yang dijalani. Adipati mengaku badannya jadi lebih segar dan dia bisa mempraktikkan senam pagi ketika kembali ke rumah. Pola tidurnya dibalik. Berat awal 66 kg, sekarang 59 kg, targetnya sih turun 3kg lagi,” kata Adipati.

Semua itu dilakoninya saat akan memerankan film Jenderal Soedirman awal tahun 2015 lalu. Kebetulan, dia dipilih menjadi aktor utama memerankan Jenderal Soedirman. “Benar-benar pengalaman yang gak bisa dilupakan,” tutupnya.