C-17 Globemaster III, Landasan Tanah pun Dilibas

C-17 Globemaster III

Pesawat pengangkut militer raksasa yang diproduksi Boing ini menjadi andalan militer Amerika Serikat untuk mengangkut kargo besar. Menggunakan empat mesin pesawat ini bisa menempuh rute jauh. Hebatnya, meski badannya tambun dia bisa mendarat di landasan yang pendek. Bahkan di landasan tanah yang kasar pun bisa dia gunakan untuk mendarat.

Hal inilah yang menjadikan Globelmaster III jadi andalan sejak 1990. Hampir di setiap operasi militer, pesawat ini tidak pernah absen

Pesawat ini bisa take off pada landasan sepanjang 7.600 kaki dengan membawa muatan 160.000 punds. Daya jelajahnya 2.400 mil . Dia mampu mendarat di landasan terbang tak beraspal atau beraspal kecil di siang atau malam hari .

Pesawat mampu mengusung kendaraan berat Angkatan Darat termasuk tank tempur utama Angkatan Darat AS , the- M 1 . Selain itu juga bisa sekaligus mengangkut hampir 100 personel.

Hingga saat ini sebanyak 216 pesawat jenis ini ada di Amerika, 8 di di Brize Norton (Inggris, 5 di Amberley (Australia), 4 di Trenton (Kanada), 3 NATO / SAC Nations (Papa AB, Hongaria), 2 di Qatar dan 5 di Uni Emirat Arab