Asap Tak Selesai, Amerika Kucurkan Bantuan Dana

Permasalahan kabut asap bukan hanya merugikan Indonesia itu sendiri tetapi merugikan negara lain disekitarnya. Sehingga memunculkan keprihatinan dari negara-negara dunia untuk membantu menyelesaikan permasalahan asap. Sebelumnya Jepang menyumbangkan “air ajaib” untuk permasalahan kabut asap berupa cairan kimia pemadam api. Sekarang ini bantuan asing datang kembali dari Amerika guna mengatasi masalah asap.

Amerika akan mengirimkan dananya kepada Indonesia. Bantuan dana dikucurkan ke Indonesia sebesar 27,5 juta dollar Amerika. Keterangan itu disampaikan oleh Duta Besar Amerika untuk Indonesia, Robert Blake. “Bantuan ini merupakan bagian dari upaya Amerika Serikat secara lebih luas untuk mendukung upaya Indonesia dalam menanggulangi kebakaran hutan dan menekan dampaknya terhadap kesehatan manusia,” ujar Blake melalui Liputan6.com.

Bantuan dana itu akan dibagikan kebeberapa sektor terkait dengan penanggulangan bencana tersebut. Beberapa dana akan disalurkan dalam penyediaan perlengkapan serta perlengkapan bagi kru pemadam kebakaran di beberapa provinsi terkena dampak kabut asap. Selain itu disalurkan kepada pusat pelayanan kesehatan guna menangani warga masyarakat yagn sudah terkena penyakit pernapasan akibat dampak dari kabut asap serta membantu pemerintah setempat dalam sosialisasi atas bahayanya asap.

Tidak sebatas dana saja Amerika membantu Indonesia, Amerika dijadwalkan segera mengirimkan tim penasehat teknis dari Dinas Kehutanan Amerika, akan tiba di Indonesia minggu ini. Sesuai informasi mereka di Tanah Air akan memberikan bantuan pemadaman api di hutan. Tim ini dilengkapi dengan berbagai kebutuhan seperti baju pelindung terhadap api, membantu koorinasi pemadaman, cara mendeteksi api jarak jauh, dan pengambilan gambar dilakukan oleh pemerintah.

Amerika sangat berharap banyak terhadap Indonesia melalui bantuan pendanaan ini harus dimaksimalkan demi mencegah agar insiden seperti ini tidak terjadi di masa akan datang. Blake menekankan ini sangat penting mengingat dampak dari kebakaran hutan sangat berdampak buruk bagi semua aspek kehidupan. “Ini juga untuk mendukung upaya pemerintah Indonesia mencegah kebakaran hutan di masa mendatang,” jelas Blake. Paket bantuan dana nantinya akan meliputi pendanaan berasal dari Badan Pembangunan Internasional Amerika (USAID). (668)