Israel Buat Prototipe Tank Eitan

.

Israel’s Tank Production Authority telah memproduksi prototipe pertama dari Eitan, kendaraan tempur lapis baja eight wheel drive . Eitan dikembangkan secara lokal dan akan dikerahkan bersama Namers dan akan menggantikan M113 lama yang masih digunakan sebagian besar infanteri Israel.

Kendaraan tempur baru ini akan memiliki berat tidak lebih dari 35 ton dan akan menggabungkan perlindungan aktif generasi baru, sebuah menara canggih dan amunisi serta sensor.

Uji lapangan dijadwalkan pada akhir tahun depan, dengan produksi awal diharapkan mulai tahun 2020.

“Ini akan menjadi jauh lebih ringan [dari Namer] dan akan dirancang untuk biaya yang juga lebi murah,” kata Mayor. Jenderal Guy Zur, komandan Komando Angkatan Darat Pasukan Pertahanan Israel seperti dikutip Defense News Senin 26 Oktober 2015. “Ini mungkin kalah baik [daripada Namer], tetapi ini akan terjangkau hingga kita akan bisa melengkapi kekuatan kami dengan jumlah besar.”

Sumber-sumber pertahanan dan industri mengatakan Tank Production Authority yang terletak di selatan Tel Aviv memiliki satu prototipe dalam produksi dan satu lagi di tahap perencanaan canggih.