Cina Ingin Menduplikat Su-34 Fullback

Jika berita sebelumnya di JKGR Cina sudah berhasil membobol software Su-27 buatan Rusia untuk di instal persenjataan buatan Cina sendiri, kini Cina tampaknya telah memulai uji coba desain pesawat tempur baru yang mirip dengan si cocor bebek Su-34.

Jika foto yang diposting di situs internet Cina Weibo adalah asli, pesawat baru ini tampaknya mirip dengan konsep Su-34 Fullback. Terlihat memiliki radome duckbill yang sama dan kokpit tempat duduk berdampingan.

Namun, jet Cina tampak memiliki canard depan yang lebih besar dan lebih luas yang menyatu dengan sayap pesawat. Pesawat juga memiliki tabung ekor besar yang terlihat mirip. Sampai saat ini Rusia belum menjual varian Su-34 Fullback ke negara manapun.

Desain pesawat tempur Cina yang baru ini tampak bukan salinan langsung dari Su-34, namun berbentuk dasar Su-27 dengan beberapa bagian yang terinspirasi oleh Fullback.

Ada kemungkinan Cina memodifikasi Su-27 secara mandiri berdasarkan apa yang mereka tahu tentang Su-34. Tetapi mungkin juga Cina mengumpulkan teknologi melalui spionase atau melalui pihak ketiga.

Pada tahun-tahun sebelumnya, Cina mendapatkan prototype pesawat berbasis kapal induk Su-33 secara rahasia, yang kemudian dibangun kembali menjadi pesawat tempur J-15 dan kini sudah ditempatkan di kapal induk Liaoning.

Thediplomat