Thailand Positif Membeli Rudal ESSM

Kapal Thailand Tembakkan Rudal ESSM

Departemen Luar Negeri AS menyetujui penjualan rudal Evolved Seasparrow Missiles (ESSM) ke Thailand serta peralatan yang terkait, suku cadang dan dukungan logistik untuk biaya sekitar $ 26.9 juta. The Defense Security Cooperation Agency AS telah memberitahu Kongres tentang penjualan ini tanggal 28 Oktober 2015.

Penjualan ini meliputi :

16 unit Evolved Seasparrow Missiles (ESSM) (Fourteen (14) tactical missiles and two (2) telemetry missiles)
3 unnit MK25 Quad Pack canisters
10 unit MK783 shipping containers

Penjualan ini juga disertai peralatan tambahan; pelatihan; dan layanan teknis.

Rencana penjualan ini akan memberikan kontribusi pada kebijakan luar negeri dan keamanan nasional Amerika Serikat dengan meningkatkan kemampuan Thailand untuk berkontribusi bagi keamanan regional dan meningkatkan interoperabilitas dengan Angkatan Laut AS.

Thailand akan menggunakan ESSM untuk kapal perang mereka dengan tujuan meningkatkan kemampuan dalam menghadapi ancaman.

Evolved Sea Sparrow Missole System atau ESSM merupakan rudal untuk Surface to Surface yang memiliki kecepatan supersonic dan terbang rendah. Persenjataan ini penting untuk melindungi kapal perang dari kapal musuh yang mendekat dan sudah digunakan oleh sejumlah negara, termasuk : Amerika Serikat, Australia, Kanada, Jerman, Turki, Yunani, Jepang, Denmark, Belanda, Norwegia, Spanyol, dan Uni Emirat Arab.

Beratnya hanya 280kg dengan panjang 3,6 meter, namun memiliki kecepatan mencapai 4+ Mach. Untuk jarak jelajah sekitar 50km, rudal ini cukup waktu untuk menembak pesawat musuh yang mendekat.

Selama ini rudal ESSM hanya digunakan oleh negara NATO. Hanya dimiliki oleh Australia, Belgia, Kanada, Denmark, Jerman, Yunani, Belanda, Norwegia, Portugal, Spanyol, Turki dan Amerika. Di luar NATO baru Jepang, Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan kini Thailand yang mendapatkan rudal ESSM.