Sidang Paripurna Pakai Masker, Aya- Aya Wae …

Jakarta – Pimpinan DPR RI terlihat mengenakan masker saat memimpin rapat paripurna di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (30/10/2015). Masker tersebut sebagai bentuk keprihatinan dan solidaritas terhadap korban bencana asap di sejumlah wilayah Indonesia.

“Sesuai kesepakatan dalam rapat bersama pimpinan fraksi, mari kita sama-sama memakai masker yang telah dibagikan sebagai bentuk solidaritas,” ujar Taufik di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (30/10/2015).

Rapat Paripurna beragendakan Penutupan Masa Sidang I Tahun 2015-2016. Saat menyanyikan lagu Indonesia Raya, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah dan Fadli Zon membuka maskernya. Sementara Ketua DPR Setya Novanto, Taufik Kurniawan dan Agus Hermanto menyanyikan lagu tersebut sambil mengenakan masker.

Atas penggunaan masker saat menyanyikan lagu Indonesia Raya, seorang anggota DPR memprotesnya.

“Interupsi pimpinan, ini pelanggaran, contoh tidak baik menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan mulut tertutup,” kata anggota DPR itu.

Hal yang sama juga dikatakan anggota DPR Fraksi NasDem Irma Suryani.

“Lagu Indonesia Raya, harus dinyanyikan dengan khidmat dan penuh kehormatan karena terkait martabat bangsa,” imbuhnya.

Sedangkan Politisi PDIP Aria Bima mengaku kaget dengan adanya masker tersebut. Ia meminta hal tersebut dibicarakan dahulu dengan pimpinan fraksi dan komisi.

“Mohon maaf tanpa menghilangkan subtansi baik dari pimpinan sebaiknya didasari keputusan Bamus,” tuturnya.

Ketua DPR Setya Novanto mengatakan aksi tersebut merupakan bentuk solidaritas dari DPR sama dengan menggalang sumbangan melalui kotak yang disediakan di depan ruang paripurna.

Bali.tribunnews.com