Belanja Mewah Alutsista Mesir (3)

Setelah menerima empat kapal perang pesisir Ambassador class dari AS, korvet rudal Molniya class dari Rusia, Fregat canggih FREMM dan memastikan pembelian kapal operator halikopter Mistral dan pesawat tempur Rafale dari Perancis, kini Mesir kembali menerima empat pesawat tempur F16 dari Amerika.

Pesawat F-16 blok 52 yang diterima Mesir memiliki kemampuan supremasi uadara, pengintaian dan serangan darat. Paket pengiriman tersebut termasuk dukungan teknis dan pelatihan pilot pesawat.

Pengiriman pesawat tempur tersebut merupakan “langkah maju” kerjasama AS-Mesir untuk memerangi “terorisme” dan menstabilkan gejolak di kawasan itu.

Amerika dan Mesir memiliki program kerjasama militer Modern Military Supplies, terutama untuk meningkatkan kemampuan tempur Angkatan Bersenjata Mesir.

Pada tanggal 25 Oktober, Military Tanks Factory 200 juga dibuka kembali setelah tiga tahun ditutup oleh Amerika Serikat.

Military Tanks Factory 200 adalah pabrik perakitan tank M-1A1 terbesar diluar Amerika yang didirikan di Mesir. Pada April 1987, pejabat AS dan Mesir sepakat untuk mengizinkan perakitan dan produksi tank M-1A1 menggunakan kredit Foreign Military Sales (FMS) dari AS.

Berdasarkan perjanjian tersebut, Mesir akan merakit lebih dari 500 tank M-1A1 selama periode 10 tahun, dan pada akhirnya akan dibangun total hingga 1.500 tank.

Thecairopost