Prototype Jet Tempur KFX Segera Dibuat

Radar KFX-C103-iA Korea menggunakan active electronically scanned array (AESA)/ active phased array radar dan sistem sensor optik “Electro-Optical Distributed Aperture System” EODAS. Sistem EODAS dari KFX tempur-C103-iA diatur di depan kokpit kaca depan. Desain ini mirip dengan tata letak pada Su-30/35 atau tempur SU T-50 Rusia

Seoul – Majelis Komite Pertahanan Korea Selatan mengadakan rapat umum pada hari Jumat 30/10/2015 dan menyetujui permintaan anggaran yang diusulkan pemerintah sebesar 67 miliar won, untuk proyek pengembangan jet tempur dalam negeri.

Anggaran proyek Korea Fighter Experimental (KF-X), atau yang dijuluki KF-X, terdiri dari 49 miliar won untuk pembuatan jet tempur percobaan, 12,7 miliar won untuk ujicoba (trial) dan penilaian pesawat. Sementara dana 9 miliar Won, untuk dukungan teknis.

Lembaga Program Akusisi Pertahanan (DAPA) sebelumnya meminta dana 161 miliar Won kepada Departemen Keuangan untuk proyek tersebut, tetapi anggaran akhirnya dikurangi menjadi 67 miliar Won, saat dilakukan pembicaraan dengan pemerintah.

Setelah disetujui oleh Komite Pertahanan, permintaan anggaran selanjutnya akan dibahas oleh Majelis Anggaran dan Keuangan, Korea Selatan.

Program KF-X baru-baru ini mengalami kemunduran setelah Amerika Serikat menolak transfer teknologi inti untuk proyek tersebut. Namun Korea Selatan tetap melanjutkannya.

Kbs.co.kr