Mengenal Pasukan Marinir Terbesar Ketiga di Dunia

Meski tak dilengkapi alutsista secanggih milik negara maju, Indonesia patut berbangga dengan Korps Marinir TNI Angkatan Laut. Pasukan Marinir Indonesia terbesar ketiga di dunia setelah Amerika Serikat dan Inggris. Pengakuan tersebut bukan klaim sepihak dari Indonesia, melainkan pengakuan dari Perwira Marinir (USMC) Amerika Serikat.

“Anda (Marinir) negara kekuatan ketiga terbesar di dunia. Marinir yang berhasil membuat kita gentar. Saya berkunjung ke Indonesia dan Marinir punya yel-yel yang berhasil memprovokasi kami, buat gentar kita,” ungkap Perwira USMC kepada Komandan Korps Marinir Mayjen TNI Buyung Lalana.

Dari sejumlah kegiatan latihan bersama yang diadakan antara prajurit Marinir dari tiga negara (Indonesia-AS-Inggris), kegigihan prajurit Indonesia tak kalah dengan dua negara adikuasa tersebut.

“Kita sering berlatih bersama dengan mereka (AS-Inggris). Dengan kemampuan dan besarnya armada kita, mereka memuji kita. Sebagai ilustrasi, dalam kegiatan berenang menyeberangi Selat Sunda tahun lalu, 817 dari 1000 personel Marinir itu berhasil menyeberang,” ucap Mayjen Buyung.

Photo: pr1v4t33r – Defence.PK