Brahmos Sukses Ditembakkan Kapal Perusak Baru India INS Kochi

Kapal Perusak INS Kochi yang baru diterima Angkatan Laut India, berhasil menguji tembak rudal jelajah supersonik BrahMos di pantai barat India.

Siaran pers dari BrahMos Aerospace, perusahaan patungan India-Rusia, mengatakan INS Kochi, kapal perusak peluru kendali kedua dari Project 15A “Kolkata class”, menembakkan rudal BrahMos canggih sebagai bagian dari latihan tes penembakan.

“Rudal jelajah tercepat di dunia, setelah melakukan manuver tingkat tinggi yang sangat kompleks, berhasil menghancurkan kapal ‘Alleppey’ yang dijadikan sasaran target pada jarak hingga 290 km dengan presisi tinggi,” katanya.

“Setelah dua uji coba tes yang sukses dari INS Kolkata pada Juni 2014 dan Februari 2015, keberhasilan tes hari menunjukkan kesiapan INS Kochi untuk bertugas sebagai kapal perang baru,” kata Mr Sudhir Mishra, CEO dan Managing Director Aerospace, ” BrahMos sebagai senjata utama akan memastikan kapal perang India menjadi tak terkalahkan dengan mampu menghancurkan sasaran dipermukaan laut pada jarak jauh, menjadikan Brahmos sebagai senjata mematikan kapal perusak Angkatan Laut India, “.

Angkatan Laut menugaskan INS Kochi pada 30 September 2015. Kapal perang modern buatan dalam negeri dengan berat 7.500 ton, menggabungkan konsep desain terbaru untuk meningkatkan survivability, kemampuan siluman, sea-keeping dan manuver tinggi.

Kapal perang INS Kochi dilengkapi total 16 rudal BrahMos dalam sistem peluncur VLS, senjata canggih dan sensor modern lainnya.

Rudal BrahMos, memiliki kecepatan supersonik 2,8 mach, terbang dengan ketinggian 10 meter menyusuri permukaan laut pada fase akhir mendekati sasarannya, menjadikannya sebagai rudal jelajah mematikan.

Dua tipe rudal BrahMos telah dikembangkan bersama oleh India dan Rusia sejauh ini, dan sudah dalam pelayanan dengan Angkatan Laut India sejak tahun 2005. Tes hari ini adalah uji tembak yang ke 49 dari BrahMos, rilis dari BrahMos Aerospace.

Idrw.org