Waduh, Boko Haram Punya Pabrik Roket Sendiri

Pemimpin kelompok pemberontak Nigeria, Boko Haram

Kelompok pemberontak Nigeria, Boko Haram merilis sejumlah foto yang menunjukkan sebuah pabrik pembuatan roket di timur laut Nigeria. Kemunculan foto-foto ini tampaknya menjawab pertanyaan mengenai dari mana kelompok yang berafiliasi dengan ISIS mendapat senjata granat berpeluncur roket.

Dalam foto-foto yang dirilis itu, terlihat kalau anggota kelompok militan itu memiliki pengetahuan teknis untuk memproduksi senjata. Gambar ini diyakini diambil di sebuah Perguruan Tinggi yang berada di negara bagian Borno, seperti dikutip dari laman BBC, Selasa (3/11/2015).

Analis mengatakan, mesin-mesin yang digunakan untuk memproduksi roket itu tampaknya berasal dari Bama, sebuah kota di timur laut Nigeria yang baru-baru ini baru direbut kembali dari Boko Haram. Sebuah plakat yang menempel pada salah satu mesin menunjukkan singkatan dari Technical College Pemerintah Bama (GTCB). Peralatan itu tampaknya hasil sumbangan dari Educational Trust Fund (ETF) yang diberikan kepada Perguruan Tinggi pada tahun 2005 lalu.

Namun, belum dapat dipastikan apakah foto-foto tersebut diambil saat Boko Haram masih menguasai kota tersebut atau peralatan tersebut telah dipindahkan dari Bama.

Tentara Nigeria telah merebut kembali sebagian besar kota-kota yang sebelumnya dikuasai oleh Boko Haram. Kendati begitu, kelompok ini masih terus melakukan serangan yang cukup sering terutama di negara bagian Borno, dimana Bama berada.