Pesawat Tempur Turki Hancurkan Pangkalan Pemberontak Kurdi

Pesawat-pesawat tempur Turki mengebom pangkalan-pangkalan pemberontak dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK) di Turki dan Irak utara, kata pihak militer Turki, Selasa (3/11/2015).

“Tempat-tempat perlindungan, gua-gua dan depot senjata yang diidentifikasi sebagai tempat yang digunakan oleh teroris dari organisasi teroris separatis telah hancur dengan pengeboman udara,” kata militer Turki.

Serangan udara Senin menyasar pangkalan-pangkalan PKK di daerah tenggara yang didominasi Kurdi, Provinsi Hakkari dekat perbatasan Irak, serta beberapa wilayah Kurdi di Irak utara termasuk kubu utama mereka di gunung Qandil.

Operasi militer terbaru itu terjadi tidak lama setelah Partai Pembangunan dan Keadilan (AKP) kembali berkuasa dengan menyapu suara dalam pemilu pada Minggu.

Pemerintah Turki telah mengobarkan perang baru melawan para militan PKK dan Negara Islam (Islamic State of Iraq and Syria/ISIS) sejak Juli, dan menghancurkan kesepakatan gencatan senjata rapuh yang dibuat dengan pemberontak Kurdi pada 2013.

Konflik PKK berlanjut setelah kejadian pengeboman pada aktivis pro-Kurdi di kota perbatasan Suruc pada Juli, yang menewaskan 34 orang yang diduga dilakukan oleh kelompok ISIS.

Para pemberontak Kurdi meluncurkan kampanye bersenjata untuk mendapatkan otonomi yang lebih besar di Turki tenggara pada 1984 dan konflik yang terjadi sejak itu telah merenggut 45.000 jiwa, demikian seperti dilansir kantor berita Xinhua